bjb

Yuk Coba Bersepeda Pakai "Garuda Bike"

Prototype Garuda Bike. (Foto: itb.ac.id)

Big Data kemudian dianalisis untuk mendapatkan berbagai prediksi terkait kesehatan, pola kegiatan masyarakat, tingkat polusi udara, bahkan prediksi bencana.

Dilansir dari itb.ac.id, Project Manager Garuda Bike, Taufiqurrahman Akmal, menjelaskan dari tiga sensor yang sedang dibuat dan dipasang pada Garuda Bike, yaitu sensor log, GPS dan alarm, kita bisa tahu banyak data. Misalnya data penduduk seberapa sering berolahraga, dari GPS pun akan terlihat trek mana saja yang biasa dilewati, bahkan juga tingkat polusi udara.

Baca Juga:

Ruangan Asisten di Gedung Motor Bakar ITB Terbakar

Baru Berusia 27 Tahun, Risa Santoso Jadi Rektor Termuda Indonesia



Sepeda “pintar” ini selain punya beragam fungsi dan teknologi, juga terbilang lebih murah, sebab jaringan internetnya berasal dari wi-fi. Dikatakan Taufiqurrahmahman, ada tiga tahap utama yang dilakukan Garuda Bike yaitu sensing, understanding, and acting.

"Kita gunakan sensor dulu, kita analisis datanya, baru nanti kita pahami hasil data ini. Hasilnya bisa kita manfaatkan kemana saja. Misalnya dengan tau area mana saja yang biasa dilewati pesepeda, kita tahu area yang ramai, sehingga cocok untuk berjualan makanan atau minuman,” ujar Taufiqurrahman.

Untuk pengembangan jaringan, proyek Garuda Bike saat ini sedang melakukan kerjasama dengan Dishub Kota Bandung dan Indosat. Selain itu, Garuda Bike pun sudah siap diuji coba dan dijual prototype-nya pada bulan Juli 2019.

Rencananya, Garuda Bike ini akan dicoba pada skala kampus di ITB serta menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten Ambarawa. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat
Halaman sebelumnya
Tags : Garuda Bike ITB Bersepeda

berita terkait

Polda Jabar Gelar KaPeKa di ITB

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi