bjb

Raih Skor Tertinggi, Kecamatan Kroya Jadi Calon Ibu Kota Indramayu Barat

Kantor Kecamatan Kroya. (Foto: kroya.indramayukab.go.id)

JABARNEWS | INDRAMAYU - Kecamatan Kroya berhasil meraih skor tertinggi di antara lainnya, dalam expose calon lokasi ibu kota kabupaten persiapan Indramayu Barat, yang dilakukan oleh Tim dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.


"Kita melakukan penghitungan skor di 10 kecamatan yang masuk dalam rencana persiapan Indramayu Barat dan Kecamatan Kroya memiliki skor tertinggi," kata Ketua Tim Kajian Unpad Bandung Nandang di Indramayu, Senin (8/7/2019)


Nandang melanjutkan, kajian dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitaif yang digabungkan menjadi satu.


Kajian dilakukan setelah terlebih dahulu bahwa daerah tersebut layak untuk dimekarkan menjadi daerah otonomi baru (DOB). Kemudian dilakukan kajian untuk menentukan calon ibu kota DOB tersebut.


Tujuan kajian lanjut Nandang adalah untuk memperoleh indikasi calon ibu kota Kabupaten persiapan Indramayu Barat yaitu dengan memperhatikan kondisi geografis 34 persen, keseusuaian dengan rencana tata ruang 17,2 persen.


"Ketersediaan lahan 10,3 persen, sosial budaya dan sejarah 2,9 persen, kondisi politik keamanan 4 persen serta aksesibiltas layanan 31,6 persen," ujarnya.


Berdasarkan hasil kajian dan penghitungan skor dari 10 kecamatan kata Nandang, maka terdapat empat peringkat tertinggi yakni Kecamatan Kroya 4,01, Gabuswetan 3,95, Haurgeulis 3,45 dan Kecamatan Kandanghaur 3,42.


Sementara Asisten Pemerintahan (Asda I) Setda Indramayu Jajang Sudrajat mengatakan, hasil kajian dari Unpad ini merupakan salah satu kelengkapan dalam memenuhi DOB.


"Dan kemudian tahapan berikutnya akan dilakukan di DPRD Indramayu," katanya. (Ara)


Jabar News | Berita Jawa Barat



Tags : Kecamatan Kroya Ibu Kota Kabupaten Kabupaten Indramayu Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi