bjb

November, 112 Desa di Bandung Barat Siap Gelar Pilkades Serentak

Ilustrasi. (Dok. Net)

JABARNEWS | BANDUNG BARAT - Sebanyak 112 desa, dari dari 165 desa yang tersebar di16 kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menggelar Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak pada bulan November 2019 mendatang. 

Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat pun sudah menyiapkan anggaran hingga sebesar Rp. 26 Miliyar untuk gelaran Pilkades tersebut.

“Anggaran pilkades mencapai 26 M yang disiapkan Pemda Bandung Barat , dengan asumsi Rp 15.000 per pemilih,” kata Kepala Bidang Penataan, Pengelolaan Keuangan , dan Aset Desa , Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Rambey Solihin.

Rambey menjelaskan, anggaran tersebut sudah termasuk honorarium panitia ditingkat sesa , kebutuhan penyediaan logistik seperti bilik suara dan surat suara , serta anggaran hibah untuk pengamanan yang melibatkan TNI/POLRI dari Polres Cimahi dan Kodim 0609/Kabupaten Bandung .

Lanjut Rambey, pihaknya juga menyiapkan anggaran khusus sebesar 1,8 M untuk panitia di tingkat kabupaten serta keperluan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) dan kelancaran fasilitas penyelenggaraan pilkades.

“Untuk menunjang kalancaran pelaksanaan pilkades diperlukan juga kepanitiaan pada tingkat Kabupaten juga” ungkapnya.
Baca Juga:

Gaung Pilkades Serentak 2019, Warga Bandung Antusias Daftar Pilkades

Pejabat UPT Kebersihan KBB Ditahan Kejari Kabupaten Bandung


Tahapan pelaksanaan pilkades, kata Rambey, mulai dari persiapan ,penerimaan pendaftaran calon , hingga penetapan, dilakukan sejak Agustus 2019. Hal ini mengingat pada Oktober dilakukan pemilihan Kepala Desa , dan pelantikan Kepala Desa terpilih dilakukan pada November .

Dengan demikian, diharapkan memasuki tahun 2020, Kepala Desa terpilih sudah bisa menyusuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat




Tags : Kabupaten Bandung Barat Pilkades Serentak Pemda Bandung Barat
properti

berita terkait

Sebanyak 124 Desa di Garut Siap Gelar Pilkades November Mendatang

Pilkades Serentak Majalengka Digelar November

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi