Hamil, Neng Sarah Gagal Berangkat ke Tanah Suci

JABARNEWS | CIANJUR – Neng Sarah (23), seorang calon haji kloter 02 Cianjur, Jawa Barat, batal berangkat ke tanah suci karena diketahui tengah hamil muda, sehingga dipulangkan dari Embarkasi Bekasi.

Kasi Haji Kemenag Cianjur, Tavip Supriadi di Cianjur, Selasa (9/7/2019), mengatakan calon jamaah yang merupakan warga Kampung Babakan Nagrog, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Cianjur, diketahui tengah hamil muda setelah menjalani tes kesehatan lanjutan di Embarkasi Bekasi.

Baca Juga:  Sholat Gerhana Matahari Berjamaah di Bogor Diikuti PNS

“Hasil pemeriksaan calon haji tersebut, dalam keadaan hamil muda sekitar dua minggu, sehingga rentan terjadi hal yang tidak diinginkan dan terpaksa dipulangkan dari Embarkasi Bekasi,” tambahnya.

Ia menjelaskan dipulangkannya seorang calon haji yang tengah hamil muda itu, dikarenakan dikhawatirkan terjadi keguguran pada saat penerbangan ataupun pelaksanaan kegiatan haji.

“Neng Sarah yang dipulangkan terpaksa harus menunda pemberangkatanya dan baru dapat diberangkatkan kembali setelah melahirkan atau ditunda untuk dua tahun kedepan,” ujarnya.

Baca Juga:  Lapangan Gasibu dan Saparua di Bandung Boleh Digunakan Lagi

Pihaknya mencatat jumlah jamaah calon haji asal Cianjur di kloter 02 kembali berkurang menjadi 401 orang, sebelumnya yang diberangkatkan ke Embarkasi Bekasi sebanyak 402 orang.

“Jemaah calon haji asal Cianjur yang sudah sampai ditahan suci sebanyak 407 orang yang terdiri dari 401 jamaah haji dan enam orang pendamping haji,” katanya.

Baca Juga:  Bank BTN Gelar Sosialisasi Korporatisasi Pertanian di Kabupaten Purwakarta

Sebelumnya, dua orang calon haji di kloter 02 Cianjur batal berangkat atas nama Fatimah asal Kecamatan Campaka karena sakit parah dan Andri asal Kecamatan Karangtengah yang meninggal dunia.

Jamaah yang batal berangkat tersebut tidak bisa diisi pengganti atau cadangan karena kabar kematian dan jamaah yang sakit sudah terlalu mendekati hari pemberangkatan. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat