Masuki Musim Kemarau, Pemkab Purwakarta Siaga Bencana Kekeringan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pada musim kemarau tahun ini Pemerintah Kabupaten Purwakarta, melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana siaga bencana kekeringan karena mayoritas di daerah itu masuk kategori rawan kekeringan.

Wahyu Wibisono, Kepala Diskar di Purwakarta, Selasa (9/7/2019) mengatakan, dari 17 kecamatan yang ada di Purwakarta, ada 13 kecamatan yang rawan kekeringan atau masuk zona merah.

Baca Juga:  Polisi Minta Penjual Stop Jual Miras

“Sampai saat ini kita memang belum mendapatkan laporan daerah krisis air bersih. Tetapi kita tetap siaga dan terus melakukan monitoring,” tambahnya.

Untuk menyiagakan kebutuhan air bersih, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum Purwakarta serta pihak lainnya.

“Pada musim kemarau ini, kita juga menyosialisasikan teknis permohonan bantuan air bersih dan antisipasi bahaya kebakaran,” ujar dia.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Ingin Masyarakat yang Tidak Terdampak Resesi untuk Bela Negara, Maksudnya Apa?

Sementara itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta akan memaksimalkan layanan call center 112 untuk antisipasi kebutuhan air bersih masyarakat Purwakarta, khususnya yang masuk wilayah zona merah.

Dibukanya layanan call center 112, untuk memberikan kemudahan serta mendapatkan pelayanan percepatan terutama kebutuhan air bersih.

“Masyarakat bisa menghubungi call center 112, apabila membutuhkan kiriman air bersih,” kata Kepala Diskominfo Purwakarta, Ida Hamidah.

Baca Juga:  Modus Pinjam Selimut, Penjaga Madrasah di Tasikmalaya Gagahi Anak di Bawah Umur

Ia menambahkan dibukanya call center 112, adalah bagian dari antisipasi serta siaga bencana kekeringan.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyampaikan pihaknya telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp350 juta untuk mengantisipasi bencana kekeringan.

Anggaran itu teralokasikan di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana dan Bagian Kesra Pemkab Purwakarta. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat