Gandeng Kemendikbud, Bekraf Lahirkan Pencipta Gim

JABARNEWS | JAKARTA – Gim saat ini seolah menjadi candu bagi anak-anak dan memiliki citra negatif di mata orang tua. Karenanya, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk melahirkan talenta-talenta baru yang mampu menciptakan gim-gim menarik.

“Kita ke Kemendikbud urusannya dari sisi pendidikan. Talenta itu didapat jangan dari pas udah kuliah tapi dari anak-anak,” ujar Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Baca Juga:  Terduga Pelaku Teror Itu Mahasiswa UPI

Menurut dia, saat ini sumber daya manusia Indonesia yang bisa membangun atau menciptakan gim masih sangat sedikit dibandingkan dengan negara lain.

“Kita itu kurang talenta sama investasi, Indonesia talenta masih kurang. Menciptakan gim itu kan pakai koding, itu kan pakai algoritma, anak-anak ini harus diajarkan,” lanjutnya.

Menurut Hari, gim jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja. Orang tua juga perlu mengetahui sisi positif dari bermain atau memanfaatkan gim sebagai sarana belajar.

Baca Juga:  Jangan Anggap Sepele, Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Menahan Kentut

Sebab dengan bermain gim, anak akan berlatih untuk berpikir keras dan kritis.

“Di Salatiga ada developer game yang membuat edugame, itu udah di download 20 juta kali. Ada mari menggambar, mari mewarnai, digunakan untuk anak-anak PAUD,” ujarnya.

“Ini kan perlu kerja sama juga dengan orang tua, yang pegang kendali tetap orang tua. Kalau ada yang bilang nanti anak kecil ketagihan main game, orang dewasa juga pada ketagihan WhatsApp, mending buat baca informasi, tahunya baca berita hoax,” katanya lebih lanjut.

Baca Juga:  Bukan Hanya Tren, Komsumsi Spirulina Jadi Gaya Hidup Masyarakat

Hari berharap kehadiran Bekraf Game Prime 2019 yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta pada 13-14 Juli mendatang, dapat memberikan informasi kepada masyarakat bahwa gim bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan dan memiliki nilai positif. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat