Coran Tiang Penyangga Ambruk, PP Diminta Berhentikan Total Proyek Tol BORR

JABARNEWS | BOGOR – Pasca ambruknya salah satu tiang pancang yang sedang dalam proses pengecoran, Rabu (10/7/2019) pagi. Direktur Utama (Dirut) PT Marga Sarana Jabar (MSJ), Hendro Atmodjo memerintahkan PT Pembangunan Perumahan (PP) sebagai kontraktor utama, untuk menghentikan secara total pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA di Jalan Soleh Iskandar Kota Bogor, Jawa Barat.

“Kami sudah perintahkan untuk menghentikan seluruh kegiatan proyek dari hari ini, sampai nanti ada clearancedari komite keselamatan konstruksi untuk selanjutnya bisa dilanjutkan atau tidak,” ujarnya kepada awak media saat ditemui di lokasi.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Akan Evakuasi Warga Jawa Barat di Wamena

Menurutnya, Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke tempat kejadian perkara (TKP) siang ini untuk mengindentifikasi penyebab dari ambruknya salah satu pier head atau tiang pancang Tol BORR.

Setelah melakukan penelitian dan mengevaluasi penyebabnya, nantinya hasil evaluasi KKJTJ akan diaplikasikan dalam metoda kerja agar kejadian yang sama tidak terjadi kembali.

Baca Juga:  Informasi Peringatan Dini Tiga Harian untuk Wilayah Jawa Barat, Begini Penjelasan BMKG

Hendro mengatakan, peristiwa runtuhnya kepala tiang pancang pada saat proses pengecoran itu terjadi pukul 05.15 WIB, tepatnya di P109 pekerjaan jalan layang di Jalan Sholeh Iskandar Kota Bogor.

“Kejadian ini disebabkan jatuhnya balok penyangga cetakan pier head, pada saat pengecoran. Pada saat pengecoran tumpah di jalan arteri yang di bawahnya,” kata Hendro.

Baca Juga:  Perpanjangan PPKM, Anak di Bawah 12 Tahun Masih Dilarang Naik KA Jarak Jauh

Hendro menghaturkan maaf kepada para pengguna jalan Sholeh Iskandar yang sempat mengalami kemacetan panjang akibat kejadian tersebut. Menurutnya PT MSJ akan terus melakukan tindakan preventif dan korektif.

“Dengan tetap mengedepankan unsur-unsur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta evaluasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” tuturnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat