DPRD Jabar Akan Bangun dan Reaktivasi Rel Kereta Menuju BIJB

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai bagian dari upaya mendukung akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mendorong pembangunan jalur kereta api menuju BIJB di Kabupaten Majalengka.

Ketua Pansus VII DPRD Jawa Barat Herlas Juniar, di Bandung, Rabu (10/7/2019) setelah masuk draft raperda perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 22 Tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat Tahun 2009 2029, selain reaktivasi jalur Rancaekek Tanjungsari juga didorong pembangunan jalur kereta api menuju Bandara Kertajati.

Baca Juga:  Nilai Tukar Rupiah Masih Melemah, Rp 14.597 Per US$ 1

“Itu eksistingnya kan dari Rancaekek ke Tanjungsari, nah dari sananya kita bangun rel baru. Trase ini akan kita dorong sampai Bandara Internasional Kertajati bahkan hingga Cirebon,” kata Herlas.

Dia mengatakan reaktivasi jalur kereta api Rancaekek Tanjungsari sepanjang 11,5 km direncanakan beroperasi pada tahun 2022-2023 dan reaktivasi jalur kereta api dibutuhkan untuk mengurangi kemacetan dan menurunkan tingkat penggunaan kendaraan pribadi.

“Reaktivasi ini akan kita dorong untuk memudahkan aksesibilitas menuju Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati salah satunya selain untuk mengurai kemacetan di kawasan Jatinangor,” ujar Herlas.

Baca Juga:  Ini Keluarga Paling Kaya Di Dunia

Herlas menambahkan, reaktivasi jalur Rancaekek Tanjungsari juga akan mereaktivasi dua stasiun yakni stasiun Jatinangor dan stasiun Tanjungsari selain pengembangan Stasiun Rancaekek.

“Kita meninjau terkait peta lokasi untuk stasiun di Jatinangor dan secara umum eksistingnya sudah beralih fungsi menjadi pemukiman penduduk serta kantor instansi, mungkin dalam waktu dekat akan ada relokasi,” ujar Herlas.

Selain itu, lanjut dia, reaktivasi empat jalur rel kereta api di Jawa Barat seiring dengan pembangunan infrastruktur transportasi di Jabar saat ini.

Baca Juga:  Kunjungi LDII, Kapolri Bahas Dai Kamtibmas Hingga Moderasi Beragama

Untuk diketahui Pemprov Jawa Barat dan PT Kereta Api Indonesia akan mereaktivasi empat jalur kereta api di Jalur Bandung Ciwidey, Rancaekek Tanjungsari, Banjar Pangandaran Cijulang dan Cibatu, Kabupaten Garut.

“Reaktivasi akan diteruskan ke Bandara Kertajati, ini jalur jalur yang nanti menjadi jangkar karena seperti kita ketahui kereta api sebagai suatu angkutan yang paling digemari masyarakat, murah, tidak ada polusi dan tepat waktu,” pungkasnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat