aqua

Artotel Gandeng PMI Kota Bandung Selenggarakan Donor Darah

Selain donor darah para peserta untuk cek BMI (body mass index) atau Indeks Massa Tubuh, untuk menggolongkan tingkat kegemukan dan obesitas.

Seorang warga mendonorkan darahnya dalam kegiatan Artotel Cares. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan Anda untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya.

data WHO menunjukkan bahwa kebutuhan darah di Indonesia per tahun mencapai sekitar 5,1 juta kantong darah, sementara yang terpenuhi hanya sekitar 4,2 juta kantong darah.

Baca Juga:

Doni Monardo: Angka Kesembuhan Indonesia di Atas Standar WHO

Tinjau Simulasi Vaksinasi di Depok, Ini Kata Ridwan Kamil



Angka yang kurang dari target ini mengakibatkan banyak rumah sakit masih sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah. Kurangnya ketersediaan darah diperkirakan merupakan akibat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Padahal, manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh penerima donor saja, melainkan juga pendonor.

Atas dasar itulah, hadir 'Darah aman untuk semua' yang menjadi tema World Blood Donor Day atau Hari Donor Darah Sedunia 2019. Peringatan yang diinisiasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak 2005 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran perlunya donor darah secara teratur.

Kali ini de Braga by Artotel menyelenggarakan donor darah dengan tema Artotel Cares, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Kegiatan donor darah tersebut berlangsung, Senin (8/7/2019) di Meet Space E, lantai 2 de Braga by Artotel.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Donor Darah Palang Merah Indonesia WHO Organisasi Kesehatan Dunia Hari Donor Darah

berita terkait

Soal Tes PCR, Ridwan Kamil Apresiasi Tujuh Daerah Ini

Di Jabar, Baru Cimahi-Bekasi Penuhi Rasio Tes PCR Standar WHO

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi