aqua

Wacana Cukai Plastik, DPR: Pelaku Industri Berinovasi Ciptakan Plastik Ramah Lingkungan

Ilustrasi. (Dok. Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Eva Kusuma Sundari meminta para pelaku industri untuk merespons secara kreatif rencana penerapan cukai plastik dengan memanfaatkan momentum ini untuk terus berinovasi menciptakan produk plastik ramah lingkungan.

"Industri kita harapkan untuk meresponnya dengan cara kreatif. Ini mendorong inovasi juga kan, kalau tidak dipaksa begini, inovasinya tidak akan berkembang," kata Eva dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Baca Juga:

Empat Isu Aktual yang Direspon Ketua DPR

Rumor Paham Radikal Susupi KPK, Karena Pegawai Gunakan Celana Cingkrang



Politisi PDI-Perjuangan ini juga tidak setuju jika nantinya tarif cukai plastik sepenuhnya dibebankan kepada konsumen. Sebaliknya menyarankan kepada pelaku industri untuk mempertimbangkan dampak penggunaan plastik terhadap lingkungan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan kepada lingkungan.

Sejatinya prinsip tarif cukai plastik bukan hanya untuk menambah penerimaan negara, namun bagaimana mengendalikan produksi serta konsumsi plastik, mengingat Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Selain itu penerapan cukai plastik tersebut diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat untuk mengurangi sampah plastik. "Sampah plastik ini masalah marwah juga dan tanggung jawab kita ketika RKP (Rencana Kerja Pemerintah) dan RPJMN sudah berpihak pada persoalan lingkungan hidup," ujar Eva.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Cukai Plastik DPR RI Komis XI DPR RI Eva Kusuma Sundari

berita terkait

Kiayi Maman Dipastikan Melenggang Lagi ke Senayan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi