Kuli Bangunan Selundupkan 169Kg Ganja di Depok Berhasil Ditangkap

JABARNEWS | BANDUNG – Seorang kuli bangunan berinisial ID berhasil dibekuk oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat. Tersangka melakukan peredaran ganja seberat 169 kilogram.

Kepala BNNP Jawa Barat, Sufyan Syarif mengatakan penangkapan itu dilakukan pada Minggu (30/6) lalu di wilayah Depok, Jawa Barat. Saat itu tim pemberantasan BNNP Jawa Barat melakukan operasi di wilayah Depok.

“Saat itu kita lakukan eksekusi. Kita dapati ada 169 kilogram ganja. Asalnya ini dari Aceh,” kata Sufyan Syarif di kantor BNNP Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (11/7/2019).

Baca Juga:  Viral! Angkot Ugal-ugalan Tabrak Beberapa Kendaraan, Ternyata Sopir Mabuk Parah

Dia menuturkan, awalnya petugas menemukan sebuah minibus di wilayah Banten kemudian diikuti hingga ke wilayah Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Di lokasi penangkapan, tim beserta dua anjing pelacak bergerak mengendus dan mendapati ada sebuah tumpukan mencurigakan di bagasi mobil tersebut.

Saat itu, ID sebagai pelaku seorang diri saat mengemudikan mobil sambil membawa barang terlarang tersebut. Berdasarkan pengakuan, pelaku yang kesehariannya sebagai kuli bangunan ini mengambil barang tersebut atas instruksi dari seseorang.

Baca Juga:  24 Siswa SMK Taruna Sakti Terima Sertifikat Lisensi

“Jadi dia mengambil barang di suatu tempat kemudian mau dikirimkan lagi. Hasil pemeriksaan dan pengembangan kita dapat dua nama lagi yang saat ini berstatus DPO. Inisialnya K dan HH,” kata Sufyan.

Sementara itu, ID mengaku hanya mendapat perintah untuk mengirim ganja tersebut. Dia mengatakan mendapat upah Rp100 ribu untuk setiap kilogramnya yang berhasil diantar ke tujuan.

Baca Juga:  DPRD Jabar Ingatkan Pentingnya Gerakan Literasi Digital

“Saya cuma nganter saja. Nganter-nya kemana belum tahu karena nanti ada yang telepon,” kata ID yang berusia 34 tahun tersebut.

Dengan digagalkannya peredaran ganja tersebut, BNNP Jabar mengklaim telah menyelamatkan kurang lebih 1.014.000 warga Jawa Barat dari bahayanya pernyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika jenis ganja. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat