bjb

Duh.. Ratusan Petani Pacet Tidak Mendapat Kartu Tani

Ilustrasi. (Dok. Net)

JABARNEWS | CIANJUR – Kehadiran Kartu Tani sangat diharapkan petani. Pasalnya, Kartu Tani itu sangat membantu terutama dalam mendapatkan pupuk bersubsidi yang saat ini harganya melambung tinggi.

Namun sayang, ratusan petani di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tidak mendapatkan Kartu Tani yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Bahkan,mereka menilai selama ini petani di wilayah tersebut belum pernah mendapat bantuan apapun.

Hal tersebut diungkapkan Neneng (51) petani warga Kampung Gunung Putri, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet kepada wartawan Kamis (11/7/2019), yang diamini petani lainnya yang menggarap lahan pertanian di kawah kaki Gunung Gede itu.

"Bahkan kami tidak tahu kalau ada program dari pusat yang dapat meringankan petani melalui Kartu Tani. Sebagian besar petani di bawah kaki Gunung Gede ini tidak pernah mendapat bantuan," katanya.

Hal senada terucap dari Deden petani sayuran yang selama ini banyak mendapat pesanan dari sejumlah pasar modern di Jabodetabek. Sejak puluhan tahun terakhir, ungkap dia, petani di wilayah tersebut belum pernah tersentuh program pemerintah.

Meskipun pada jaman Presiden Megawati, kawasan Gunung Putri mendapat bantuan pembangunan lokasi Agrowisata yang saat ini keberadaanya terbengkalai dan tidak terurus.

Baca Juga:

Kementan gelar pertemuan dengan Petani Karawang

Petani di Cianjur Terpaksa Jual Gabah Murah

"Mungkin baru era Megawati mendapat bantuan dari pusat, tapi bukan langsung ke petani melainkan tempat pengolahan hasil pertanian dan tempat wisata pertanian di bagian bawah Gunung Putri," katanya.

Sedangkan terkait bantuan Kartu Tani, ungkap dia, hampir lima ratus orang petani di wilayah tersebut, baru mendengar dan tidak mendapatkan program tersebut, meskipun bantuan pusat tersebut sangat diharapkan.

"Memang ada segelintir orang yang tahu melalui media masa, namun tidak tahu kalau Cianjur mendapatkan bantuan Kartu Tani. Semoga ini menjadi perhatian pemerintah kalau wilayah kami banyak petani khususnya sayur mayur," katanya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat




Tags : Kartu Tani Cianjur Petani
properti

berita terkait

Bank BJB Kembali Dipercaya Salurkan KUR

Jadi Petani Di Zaman Now? Ini Suara Warga Majalengka

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi