aqua

Petani Bawang di Nganjuk Panen Untung Pakai Metode BAMELE

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Suwandi mengaku sangat mengapresiasi cara unik dan inovatif petani Nganjuk dalam berbudidaya bawang merah yang ramah lingkungan menggunakan teknik Bamele.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Suwandi saat melakukan peninjauan budidaya bawang merah dan lele (BAMELE) di Nganjuk, Jatim. (Foto: Kementan)

JABARNEWS | JAKARTA - Kebijakan Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman dalam mendorong petani bawang merah di Nganjuk, Jawa Timur (Jatim) untuk mengubah pola budidaya dan menerapkan inovasi dinilai mampu melipatgandakan penghasilan.

Dorongan tersebut membuat para petani bawang merah di Nganjuk menerapkan metode budidaya bawang merah cukup unik yakni memadukan tanaman bawang merah dengan ternak ikan lele.

Baca Juga:

Siapa Sangka Bisnis Jamur Menjanjikan Cuan di Tengah Pandemi Covid-19

Terhambat Dampak Corona, Ini Jurus Kementan Jual Komoditas Hortikultura



Petani setempat menyebutnya metode BAMELE alias Bawang Merah dan Lele. Hasilnya luar biasa, petani bisa menikmati keuntungan ganda, sebab keuntungan tidak hanya dari hasil bawang merah, tapi juga dari panen lele.

Susanto, petani asal Dusun Padangan, Desa Banaran Kulon, Kecamatan Bagor, Nganjuk, merupakan salah satu petani yang mencoba teknik BAMELE di lahan bawang merahnya. Menurutnya, tujuan awal teknik ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengajak petani melakukan budidaya secara sehat dan ramah lingkungan.

"Ini cara budidaya nonpestisida, tidak pakai bahan kimia karena di bawahnya ada lele. Untuk pengendalian hama, kami gunakan lampu light thrap dan pengendali hayati. Jadi produk bawang merah kami sehat dan aman dikonsumsi. Buktinya, ikan lele bisa hidup dengan baik," kata Susanto kepada Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi, bersama rombongan yang mengunjungi pertanaman bawang merah dengan metode BAMELE, Kamis (11/7/2019).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman Metode Bamele Holtikultura Nganjuk

berita terkait

Menyasar Generasi Milenial, Pupuk Kujang Gelar Festival

DPD RI: Meski Anggaran Kecil, Kementan Harus Bekerja Maksimal

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi