bjb

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, BPBD Tasikmalaya Pasang Instalasi Pengolahan Air

Warga memanfaatkan penampungan air bersih di Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Ara/Red)

JABARNEWS | TASIKAMALAYA - Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di daerah rawan kekeringan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, memasang instalasi pengolahan air (Water Treatment Plant)  di Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu.

"Instalasi ini sudah dipasang dua minggu lalu untuk memenuhi kebutuhan air warga," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar di Tasikmalaya, Kamis (11/7/2019).

Ia menambahkan, BPBD Kota Tasikmalaya telah melakukan upaya mengantisipasi ancaman kekeringan melanda masyarakat pada musim kemarau dengan mendistribusikan air bersih dan memasang instalasi pengolahan air.

Daerah rawan kekeringan yang menjadi perhatian pemerintah, lanjut dia Kelurahan Singkup yang setiap kemarau selalu dilanda kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga.

Kesulitan warga itu, tambahnya, pada empat tahun lalu mendapatkan perhatian dari suatu lembaga yang membuatkan tempat penampungan air dari Sungai Citanduy, namun tidak ada alat penyaringan dan mengalirkannya ke rumah warga.

"Sekarang dibuatkan instalasi pengolahan air untuk menjamin kesehatannya, jadi airnya bisa langsung dikonsumsi," ujarnya.

Baca Juga:

Terdampak Kekeringan, Lahan Pertanian di Garut Mulai Dilanda Kekeringan

Tiga Wilayah Dilanda Kekeringan, Warga Bekasi Ambil Air di Sungai

Tokoh masyarakat Kelurahan Singkup, Cecep mengatakan, penampungan air itu telah membantu masyarakat untuk mendapatkan air saat musim kemarau.

Ia menyebutkan, ada 300 kepala keluarga yang memanfaatkan air bersih dari tempat penampungan dan pengolahan air tersebut di saat sumur warga di rumahnya dalam kondisi kekeringan.

"Air dari sumur warga sudah kering, namun warga terbantu dengan adanya sumber air bersih ini, dan bisa diminum," sebutnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat




Tags : BPBD Kota Tasikmalaya Kekeringan Musim Kemarau Instalasi Pengolahan Air Air Bersih
properti

berita terkait

Lahan Pertanian di Daerah Jabar Terdampak Kekeringan

BPBD Karawang Siapkan 3 Langkah Atasi Kekeringan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi