Pemkot Depok Tingkatkan Pelayanan Publik Secara Online

JABARNEWS | DEPOK – Dengan era digitalisasi dan Revolusi Industri 4.0 banyak negara telah menerapkan digitalisasi dalam pemerintahannya. Tujuannya untuk membangkitkan produktivitas dan efisiensi, serta menghidupkan akuntabilitas mesin kelembagaan negara. Sejalan dengan itu, Pemerintah Kota Depok berusaha memperbaiki layanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Salah satu fokus utama dalam reformasi birokrasi adalah peningkatan pelayanan publik dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat,” kata Sekretaris Daerah Kota Depok Hardiono di Depok, Jawa Barat, Jum’at (12/7/2019).

Baca Juga:  Perkuat Keamanan Dusun Cirangkong, Satgas TMMD Bangun Pos Ronda

“Termasuk menyediakan pelayanan khusus untuk menangani berbagai aduan dari masyarakat. Seperti panggilan darurat 112 dan 119,” katanya.

Asisten Deputi Kementerian Sekretaris Negara Adianti ketika mengunjungi Balai Kota Depok mengatakan bahwa Kota Depok merupakan salah satu kota yang berprestasi, antara lain dibuktikan dengan perolehan predikat B pada penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tahun 2018.

Baca Juga:  Warung Kecil di Depok Simpan Sabu-sabu 20 kg

“Selain itu, Kota Depok juga meraih penghargaan Indonesia’s Attractivenes Award (IAA) sebagai Kota Terbaik dalam kategori pelayanan publik serta peringkat pertama penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Kota tahun 2019,” katanya.

Baca Juga:  KPK Periksa Sejumlah Pejabat Pemkab Bandung Barat, Ada Istri Kedua Bupati?

Pemberian penghargaan-penghargaan itu juga yang mendorong dia meninjau langsung sistem pelayanan publik di Kota Depok, termasuk menyambangi Depok City Operation Room (DeCOR) serta loket pelayanan di lantai 1 gedung Dibaleka II.

“Ternyata di sini pelayanan publiknya sudah sangat baik. Selain petugasnya yang ramah, ruangannya juga nyaman serta pelayanannya sudah berbasis aplikasi,” ujarnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat