bjb

Virus Chikunguya Meneror Warga Bogor

Nyamuk penyebaran penyakit Chikunguya. (Foto: Net)

JABARNEWS | BOGOR - Chikungunya mendadak jadi perbicaraan publik setelah adanya laporan puluhan warga di Kabupaten Bogor terjangkit penyakit ini. Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor setidaknya mencatatkan periode penularannya telah berlangsung sejak awal tahun 2019 ini sampai dengan saat ini. 

Seiring penyebarannya yang cepat, jumlah pengidapnya terus bertambah dan menyerang hampir semua kalangan usia dari anak-anak hingga lansia. Faktor penyebarnya dari nyamuk Aedes Aegypti dan Albopictus. Aedes Aegypti juga merupakan nyamuk yang mentransmisikan virus demam berdarah (DBD).

"Itu (terjadi ) terhitung dari bulan Januari, artinya kumulatif jumlahnya," kata Widyawati Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, saat dihubungi melalui sambungan telefonnya, pada Jumat (12/7/2019).

Widya menuturkan saat ini pihak Dinas Kesehatan baik dari Pemda Bogor dan Pemprov Jabar, telah melakukan penelitian dan pengambilan sample.

"Kita sudah ambil samplenya dan sudah di bawa ke BBTKL Badan Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (Jakarta) untuk di obeservasi, kita mau lihat penyebabnya apa. Yang diambil sample itu yang belum atau masih ada gejala," katanya.

Baca Juga:

DMI Kutuk Keras Perbuatan Wanita Bawa Anjing ke Masjid

Selama Lima Bulan, Penderita DBD di Bekasi Capai 610 Kasus

Untuk langkah pencegahan sendiri, Widya mengungkapkan, dilakukan sama seperti penanganan virus DBD. Di antaranya melakukan pengasapan serta pemberantasan sarang nyamuk.

"Dilakukan fooging dan pemberantasan sarang nyamuk yah, sama dengan DBD. Dan kita sudah kordinasikan untuk dilakukannya fooging dan pemberantasan sarang nyamuk," katanya.

Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan dengan menghentikan perkembangbiakan nyamuk untuk menekan penyebaran chikungunya. Mulai dari menjaga kebersihan tempat penampugan air, menanam tanaman pengusir nyamuk, menggunakan obat pengusir nyamuk, dan membiasakan tidur dengan kelambu. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Penyakit Chikunguya Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Aedes Aegypti
properti

berita terkait

PCNU Kabupaten Bogor Tolak Aksi People Power

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi