bjb

Akibat Puntung Rokok, Lahan Kosong di Purwakarta Terbakar

inas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta tengah melakukan pemadaman api di lahan kosong di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta yang terbakar. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA -  Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengimbau masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan dikarenakan hal itu karena bisa memicu kebakaran lahan kosong yang dipenuhi ilalang dan pepohonan.

"Kita mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Karena ini yang menjadi penyebab kebakaran lahan-lahan kosong," kata Kadis DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono, saat dihubungi melalui selulernya, Jumat (12/7/2019).

Ia menyampaikan imbauan tersebut karena beberapa waktu terjadi kebakaran ilalang dan pepohonan di lahan kosong di wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Tadi aja (Jumat,12/7/2019) siang terjadi kebakaran di lahan kosong milik H. Ahmad, di Desa Cianting Utara, Kecamatan Sukatani. Akibat buang puntung rokok sembarangan, sehingga terjadinya kebakaran lahan seluas 1 hektare," kata pria yang akarab disapa Wibi.

Menurutnya, Kondisi itu cukup membahayakan karena bisa mengancam pemukiman warga yang berdekatan dengan lokasi.

"Alhamdulillah setalah satu mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Poswil 1 Plered di datangkan api yang membakar lahan seluas 1 hektare itu berhasil dipadamkan," jelas Wibi.

Wibi menambahkan, kemarau panjang seperti saat ini menyebabkan ilalang dan pepohonan yang mengering. Sehingga mudah terbakar ketika disulut puntung rokok sekalipun.

Baca Juga:

Tanpa Petugas Pemadam Kebakaran Warga Padamkan Api yang Lalap Sebuah Ruko

Pengukuran Mutu Pelajaran Bisa Dilihat Melalui OSN

"Kebiasaan masyarakat membuang puntung rokok yang masih menyala itu bisa membahayakan. Jadi kami imbau itu tidak dilakukan," kata dia.

Ia mengakui selama sepekan ini di beberapa titik sekitar Purwakarta telah terjadi kebakaran lahan kosong yang dipenuhi ilalang dan pepohonan.

"Kita masih melakukan pendataan lokasi kebakaran lahan kosong dan kita juga terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang rawannya kebakaran lahan kosong," kata Wibi.

Sementara, Anto (47) warga setempat mengatakan, melihat api membesar di lahan H Ahmad, dikhawatirkan menjalar ke permukiman warga.

"Alhamdulillah, dengan sigapnya pihak damkar datang ke lokasi, hitungan menit si jago merah sudah ditaklukan. Kami sebagai perwakilan warga RT.08/RW.03 Desa Cianting Utara mengucapkan banyak terima kasih atas pelayanannya," kata Anto. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Kebakaran Lahan Kosong Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta Akibat Puntung Rokok Lahan 1 Hektar Terbakar
properti

berita terkait

Sudah 44 Tahun Tidak Terjadi Kasus Rabies di Purwakarta

Parkir Sembarangan di Purwakarta Akan Disanksi

DPPKB Purwakarta: Tingkatkan SDM Mulai Dari Keluarga

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi