Berwisata Menyusuri Keindahan Sungai Citumang

Menurut kepercayaan penduduk nama Citumang berasal dari legenda tentang seekor buaya buntung, Si Tumang

Sungai Citmang. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | CIAMIS - Kemanakah anda dan keluarga akan menghabiskan liburan akhir pekan ini? Jika anda belum memiliki rencana, sebuah sungai dikawasan Ciamis ini akan mengajak anda dan keluarga untuk menikmati keindahan alam yang masih asri.

Wisata Propinsi Jawa Barat yang mempunyai potensi wisata yang sangat banyak, dari wisata kota sampai wisata alamnya. Ratusan curug dan wisata air ada disana, Jawa Barat mempunyai Green Canyon yang sangat terkenal akan pariwisata air alamnya. Tetapi Propinsi Jawa Barat masih mempunyai wisata air alam yang tak kalah indahnya dengan Green Canyon, Namanya Citumang River atau Sungai Citumang yang berada ditengah-tengah alam yang masih asri dan hijau.

Baca Juga:

Duh, Guru PNS Di Ciamis Ini Digerebek Warga Gara-gara Diduga Mesum

Geng Motor Beraksi Di Ciamis, Warga Dihantam Gir Motor



Sungai Citumang terletak di pedalaman sebuah hutan yang masih rimbun dan hijau, mengalir sebuah sungai yang mempunyai warna kebiruan. Suasana alam yang sangat jauh dari perkotaan membuat wisata ini sangat digemari untuk melepas beban penat sehari-hari. Hanya suara alam dan suara gemericik air yang akan kita dengarkan bila berada disini. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa.

Menurut warga sekitar, nama Citumang berasal dari legenda tentang seekor buaya buntung, Si Tumang. Begitu kuatnya kepercayaan penduduk akan kehadiran buaya buntung tersebut sehingga sampai sekarang meninggalkan nama yang melekat kuat menjadi nama sungai. Versi lain kisah Citumang, berasal dari Cai (Bahasa Sunda = air) yang numpang (cai numpang) yang berkaitan dengan adalah air sungai yang mengalir di bawah tanah. Kata cai numpang ini seiring air yang bening menanti anda perjalanan waktu lama-lama berubah menjadi Citumang.

Beda dengan Green Canyon, Sungai Citumang ini tidak mempunyai aliran yang deras. Sungai Citumang ini airnya mengalir tenang, sehingga anak-anak pun dapat bermain bebas di sungai pada daerah-daerah tertentu yang dangkal. Aktifitas biasanya untuk menikmati keindahan sepanjang Sungai Citumang dengan Body Rafting secara berkelompok. Namun faktor cuaca juga mempengaruhi kegiatan disini, apabila waktu hujan debit air akan naik dan aliran menjadi deras.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Objek Wisata Sungai Citumang Wonderful Indonesia Ciamis

berita terkait

Uu Ingin Pemerintah dan Kepala Sekolah Nyambung Seperti

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi