Ridwan Kamil: Dukung Wisata Air Jatiluhur Untuk Tingkatkan PAD

JABARNEWS | PURWAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa bendungan Jatiluhur yang dibangun oleh kontraktor asal Prancis Compagnie française d’entreprise pada 1957 itu berpotensi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Dan memberikan dukungan pembukaan destinasi wisata baru berupa eksibisi olahraga dayung dan kayak di Waduk Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

“Ini perlu didukung, karena bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Ridwal Kamil disela eksibisi olahraga dayung dan kayak bertajuk “The 1st Jatiluhur Stand Up Paddle and Kayak Exhibition” di Jatiluhur, Purwakarta, Minggu (14/7/2019).

Baca Juga:  TGIPF Temukan Bukti Baru Soal Tragedi Kanjuruhan

Ia menyampaikan dukungannya karena pengembangan objek wisata berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat hingga empat kali lipat.

Emil, sapaan Ridwan Kamil, menyatakan kalau bentuk dukungan pemerintah dalam pengembangan wisata air di kawasan Waduk Jatiluhur bisa dilakukan dengan memudahkan setiap bentuk perizinan.

“Itu dari political will kami,” katanya.

Direktur Utama Perum Jasa Tirta II Saefudin Noer menyatakan kalau eksibisi olahraga dayung dan kayak yang digelar di Waduk Jatiluhur menjadi bagian dari upaya promosi wisata air.

Baca Juga:  Honor Relawan Nakes Covid-19 Belum Dibayarkan, Berikut Penjelasan Dinkes Kota Bekasi

“Jasa Tirta II mempersembahkan The 1st Jatiluhur Stand Up Paddle and Kayak Exhibition, ini peristiwa olahraga dan wisata air yang memberi sensasi serta pesona wisata Jatiluhur,” katanya.

Pengembangan wisata di kawasan Waduk Jatiluhur itu juga untuk meningkatkan pendapatan serta memunculkan kemandirian ekonomi masyarakat. Selanjutnya akan dilakukan penataan UMKM.

Ia mengaku sebelumnya telah membersihkan areal Waduk Jatiluhur hingga ke saluran-saluran air.

Baca Juga:  Pembangunan Underpass Dewi Sartika Kota Depok Telan Biaya Rp297,6 Miliar

“Hari ini waduk kita bebas dari eceng gondok. Sekarang (Waduk Jatiluhur) seperti kolam renang,” kata dia.

Sementara itu, eksibisi olahraga dayung dan kayak di Waduk Jatiluhur berlangsung dua hari, pada Sabtu (13/7/2019)) hingga Minggu.

Pada hari kedua, hadir Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Direktur BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementrian BUMN, serta Wakil Bupati Purwakarta Aming. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat