bjb

Di Garut, Parkir Liar Akan Dikenakan Sanksi Tilang

Petugas mengevakuasi sepeda motor yang parkir liar di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (15/07/2019). (Foto: Antara)

JABARNEWS | GARUT - Empat di wilayah perkotaan Kabupaten Garut, Jawa Barat, dilakukan penertiban parkir liar kendaraan roda dua yang dilakukan oleh petugas gabungan, karena melanggar peraturan lalu lintas dan juga mengganggu kenyamanan masyarakat di kota itu. Senin (15/7/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Suherman mengatakan, penertiban kendaraan yang parkir liar itu diprioritaskan di Jalan Ahmad Yani yang seringkali dikeluhkan masyarakat.

"Kita mengamankan seluruh kendaraan yang ketahuan parkir di tempat terlarang, jika tidak ada orangnya kami angkut," kata Suherman.

Ia menuturkan, penertiban itu melibatkan petugas Dinas Perhubungan, Kepolisian Resor Garut, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Garut yang diterjunkan menyusuri sepanjang ruas Jalan Ahmad Yani.

Petugas, lanjut dia, menemukan banyak kendaraan terutama sepeda motor yang parkir di bahu jalan depan toko atau di kawasan yang terdapat rambu dilarang parkir dan berhenti.

"Ini upaya kami untuk mewujudkan kawasan kota yang aman dan nyaman, bebas dari parkir liar," katanya.

Ia menyampaikan, operasi parkir liar itu akan terus berlanjut untuk memberikan pemahaman dan mengedukasi masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas.

Ia mengimbau masyarakat termasuk pemilik toko agar saling mengingatkan untuk tidak parkir di sembarang tempat karena melanggar aturan dan juga mengganggu kenyamanan orang lain.

Baca Juga:

Duh, Seorang Ayah Tega Hamili Anak Kandungnya Hingga Melahirkan Bayi

Konser Slank di Garut, Puluhan Orang Kecopetan

"Ini akan terus berlanjut sehingga ke depan tidak ada lagi parkir liar," kata Suherman.

Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, kendaraan yang parkir sembarangan sudah seharusnya ditertibkan karena mengganggu pengguna jalan lain dan juga melanggar Undang-undang Lalu Lintas.

Kepolisian, lanjut dia, selalu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dalam penertiban kendaraan yang parkir sembarangan di kawasan perkotaan itu.

"Kita akan tegakan aturan, kalau ada kendaraan yang melanggar lalu lintas tentu akan ditilang," kata Budi.

Seorang pengguna jalan warga Garut, Tati Nurhayati menyampaikan dukungan adanya penertiban kendaraan yang parkir sembarangan dan juga pedagang kaki lima di kawasan perkotaan.

"Saya mendukung penertiban ini, karena yang dulunya semrawut sekarang jadi bagus, bersih, nyaman," pungkasnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Penertiban Pakir Liar Polres Garut Dinas Perhubungan Satuan Polisi Pamong Praja

berita terkait

Penyebar Paham Sensen Presiden Indonesia Tidak Gila

Dua Kecelakaan Beruntun Terjadi di Garut Dalam Sehari

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi