Sat Polair Polres Cirebon Gandeng Masyarakat Tanam Ribuan Mangrove

JABARNEWS | CIREBON – Keberadaan hutan mangrove di pesisir memberikan manfaat yang luar biasa. Mangrove yang tumbuh berjajar menjadi ‘benteng’ pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut.

Atas kesadaran itu, Sat Polair Polres Cirebon, Jawa Barat, bekerja sama dengan masyarakat dan pecinta alam menanam 2.000 bibit mangrove di pesisir pantai sebagai upaya untuk menahan abrasi.

Baca Juga:  Ingin Beraktivitas? Bandung Hujan Ringan Hingga Malam Menurut BMKG

“Ada 2.000 bibit mangrove yang kita tanam di Pantai Baro Gebang, Kabupaten Cirebon,” kata Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto di Cirebon, Minggu. (14/7/2019).

Menurutnya penanaman bibit mangrove tersebut atas kerja sama Sat Polair Polres Cirebon dengan masyarakat dan pecinta alam. Sebanyak 350 peserta yang ikut aksi menanam mangrove disepanjang pantai Baro Gebang.

Baca Juga:  Jelang Hari Bhayangkara Ke-76, Kapolres Purwakarta Berikan Bantuan Ke Pondok Pesantren Riyadhul Fata

Suhermanto mengatakan penanaman pohon mangrove tersebut upaya untuk menjaga bibir pantai dari abrasi dan juga mengurangi resiko bencana alam.

“Selain itu juga untuk menjaga keseimbangan alam terhadap biota laut dan ekosistem lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Aep Syaepuloh Pede Bisa Turunkan Kasus Stunting di Karawang

Dia berharap dengan adanya aksi penanaman mangrove tersebut bisa menjadikan alam sekitar terutama pantai bisa terjaga.

Setelah adanya penanaman mangrove diharapkan masyarakat sekitar juga bisa menjaga dan merawatnya, sehingga nantinya bermanfaat bagi semua. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat