Arah Kiblat Sejumlah Masjid Melenceng, Kemenag Cirebon Bagikan Alat Kalibrasi

JABARNEWS | CIREBON – Beberapa waktu lalu, piht mengkalibrasi sejumlah masjid di Cirebon dan hasilnya melenceng dari 7 sampai 10 drajat dari titik yang semestinya

Oleh karenanya, untuk meluruskan kiblat masjid tersebut Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon, Jawa Barat, membagikan alat pengukur kalibrasi arah kiblat ke beberapa pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

Baca Juga:  Bappeda: Pembangunan Wilayah Jabar Perlu Didukung dengan Pembangunan Sumber Daya Manusia

“Setiap DKM juga mendapatkan alat pengukur kalibrasi, agar bisa mengkalibrasi mushola atau masjid lainnya,” kata Kasi Penyelenggara Syariah Kemenag Kota Cirebon Rokhiyatun di Cirebon, Senin (15/7/2019).

Rokhiyatun mengatakan dibagikannya alat kalibrasi tersebut upaya untuk meluruskan kiblat masjid yang berada di Kota Cirebon.

Baca Juga:  Kendalikan Harga Telur Ayam di Pasaran, Garut Butuh Ada Pabrik Pakan

“Kami akan mengajari cara penggunaan dan pembuatan alat tersebut,” tuturnya.

Menurut Rokhiyatun sebelumnya hanya ada satu alat pengukur kalibrasi yang disimpan jajarannya.

Ia berharap setelah dibagikannya alat itu arah kiblat seluruh masjid dan musala di Kota Cirebon sesuai sebagaimana mestinya.

Baca Juga:  Indramayu Bakal Punya Embarkasi Haji

Dia menambahkan saat terjadi fenomena alam tertentu yang menyebabkan pergeseran posisi lempeng bumi, misalnya gempa bumi dan tsunami, maka harus dilakukan kalibrasi lagi, agar bisa sesuai.

“Kalau ada fenomena alam itu, kami akan umumkan untuk kalibrasi ulang,” katanya. (Ara).

Jabar News | Berita Jawa Barat