Habiskan Dana Rp. 18 Miliar, Percantik Alun-Alun Majalengka

JABARNEWS | MAJALENGKA – Alun-alun Majalengka akan segera ditata dan terlihat lebih cantik di masa yang akan datang. Pasalnya, pemkab Majalengka akan segera merealisasikan revitalisasi alun-alun dengan anggaran Rp. 18 miliar dari APBD Provinsi Jawa Barat tahun ini.

Asisten Pembangunan dan Kesra Pemkab Majalengka, Abdul Gani mengatakan ‎saat ini konsepnya telah ada di BMCK. Sehingga, nantinya, alun-alun Majalengka akan dialihfungsikan sepenuhnya menjadi arena publik dan taman yang bisa dinikmati dan diakses seluruh warga Majalengka.

Baca Juga:  Farhan Ajak Masyarakat Bantu Rohingya Lewat Aksi dan Donasi

“Dananya dari bantuan provinsi sebesar Rp.18 miliar. Konsepnya sudah dibahas dan dirancang oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan sudah ada di BMCK Kabupaten Majalengka.” ujarnya, Selasa (16/7/2019).

Abdul Gani menambahkan Pemkab Majalengka sendiri ingin menjadikan alun alun sebagai wahana wisata religi di pusat kota. Konsep tersebut merupakan arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan mendorong pertumbuhan pariwisata di daerah termasuk di Majalengka.

Baca Juga:  30 Atlet Inkanas Purwakarta Bertanding ke Kejurda Bogor

“Konsepnya bertema-kan Kabupaten Majalengka sebagai daerah religius, sesuai dengan visi Majalengka Raharja,” ujarnya.

Penataan alun alun tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat menghadirkan ikon pusat sentral wilayah perkotaan Majalengka dan menjadi lokasi yang berkesan serta pusat aktivitas hiburan warga. Sehingga, Alun-alun Majalengka akan sepenuhnya digunakan menjadi arena publik dan terkoneksi dengan Masjid Al Imam Majalengka.

“Untuk penataan Masjid Al Imam tinggal menunggu tahap finishing menara dan diperkirakan beberapa bulan lagi selesai.” ungkapnya.

Baca Juga:  Ambulans Kewalahan, Jenazah Covid-19 di Jakarta diangkut Pake Truk

Terpisah, Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Kabupaten Majalengka, Eman Suherman mengatakan, Alun-alun Majalengka secara bertahap akan diubah fungsinya menjadi wahana hiburan warga yang bisa diakses setiap pengunjung multilevel bagi anak-anak, remaja, maupun orang tua.

“Bukan hanya warga lokal, tetapi juga pendatang atau pelancong, bisa singgah dan menikmati Alun-alun Majalengka dengan suasana baru nantinya,” tandasnya. (Rik)

Jabar News | Berita Jawa Barat