Presiden Jokowi Instruksikan Kabinet Kerja Segera Atasi Bencana Kekeringan

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyampaikan pihaknya sudah menganggarkan APBD

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (16/07/2019). (Foto: Antara)

JABARNEWS | JAKARTA - Presiden Joko Widodo memerintahkan para menteri kabinet kerja untuk mengantisipasi dampak kekeringan yang terjadi pada musim kemarau 2019.

"Saya minta para menteri dan kepala lembaga, gubernur untuk turun melihat langsung ke lapangan dan segera melakukan langkah antisipasi, mitigasi terhadap dampak kekeringan ini," kata Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di kantor Presiden Jakarta.

Baca Juga:

Waspada! Lampung Diguncang Gempa, BMKG: Memiliki Pergerakan Sesar Naik

Gempa Bermagnitudo 4,7 Guncang Pangandaran, Getaran Terasa di Tasikmalaya



Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyampaikan pihaknya sudah menganggarkan APBD daerah yang rawan terkena bencana alam khususnya kekeringan sudah dilakukan koordinasi agar tidak melulu menunggu bantuan dari pusat untuk menanggulangi bencana.

“Sudah tiga tahun ini kami punya hak menganggarkan APBD provinsi kabupaten kota yang masuk wilayah rawan banjir longsor kebakaran hutan dianggarkan dulu, jangan dikit-dikit nunggu pusat supaya terkoordinasi,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Lebih lanjut Tjahjo Kumolo menyampaikan Kemendagri sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta pemerintahan daerah setempat guna mengatasi kekeringan air di sekitar 200 ribu desa karena sudah dua bulan tidak turun hujan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Musim Kemarau Menteri Kabinet Kerja BMKG Kementerian Dalam Negeri APBD Atasi Kekeringan

berita terkait

Kenali Lima Jenis Gempa Beserta Penyebabnya

Gempa Bumi Landa Nias Selatan, Tidak Potensi Tsunami

Waspada! Hujan Lebat Berpotensi Turun di Sejumlah Daerah Ini

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi