Daerah Terdampak Kekeringan di Cianjur Terus Bertambah

JABARNEWS | CIANJUR – Daerah yang terdampak bencana kekeringan di Cianjur terus bertambah, saat ini sudah ada 76 desa dari 13 kecamatan mengalami kekeringan.

Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Sugeng Supriyatno di Cianjur, Rabu (17/7/2019), mengatakan, akibat kekeringan tersebut sebanyak 14.399 jiwa membutuhkan pasokan air bersih untuk dikonsumsi atau untuk keperluan sehari-hari.

Kemungkinan daerah yang terdampak bencana akan terus bertambah karena dalam waktu dekat akan terjadi puncak dari musim kemarau berdasarkan perkiraan BMKG yang telah diterima.

Baca Juga:  Hati-hati Jika Mata Kalian Berwarna Merah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

“Puluhan desa tersebut tidak hanya membutuhkan pasokan air bersih, tapi memerlukan sumur bor, bak penampungan air, selang, toren dan pompa air, sebagai solusi dari kesulitan tersebut,” katanya.

Saat ini tutur dia, baru sebagian wilayah yang sudah mendapatkan bantuan seperti mesin pompa air, selang dan toren, sedangkan untuk bantuan lainnya akan segera menyusul setelah melakukan rapat dengan OPD terkait.

Baca Juga:  Hingga Oktober 2021, DPUBMP Tuntaskan Jalan Sepanjang 13,5 Kilometer di Purwakarta

Pihaknya juga mencatat seluas 3.853 hektare lahan perkebunan di sejumlah wilayah di Cianjur, terkena dampak dari bencana kekeringan, sedangkan lahan yang paling banyak terdampak di Kecamatan Agrabinta seluas 1.595 hektare.

“Dari seluas 3.853 hektare lahan yang terdampak tersebut paling banyak terjadi di Cianjur selatan, setidaknya ada sekitar seratusan hektare lahan di setiap kecamatan. Untuk Cianjur utara baru terjadi di Cikalongkulon seluas 705 hektare,” katanya.

Baca Juga:  Ini Alasan Robert Alberts Liburkan Pemain Persib Usai Penyisihan Piala Menpora

Sugeng menambahkan, sementara ini untuk wilayah lainnya seperti Cianjur kota, Cianjur timur, pihaknya belum menerima laporan adanya dampak kekeringan, namun untuk memastikan, pihaknya memerintahkan jajarannya untuk meninjau ke sejumlah lokasi. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat