17 Juli Gerhana Bulan, Kemenag Imbau Sholat Khusuf dan Perbanyak Dzikir

JABARNEWS | JAKARTA – Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammadiyah Amin mengatakan, kawasan Indonesia barat dan tengah dapat mengamati gerhana bulan yang diprediksi akan kembali terjadi pada 17 Juli 2019.

“Awal gerhana diperkirakan mulai pukul 03:01 WIB hingga 05:59 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 04:30 WIB,” ujar Muhammadiyah Amin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Baca Juga:  Kang Hasan Komit Benahi Ponpes

Oleh karenanya, Muhammadiyah mngajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Gerhana atau Shalat Khusuf.

Ditjen Bimas Islam, kata dia, telah menerbitkan seruan kepada para Kepala Kanwil Kemenag agar menginstruksikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam/Kepala Bidang Bimas Islam/Pembimbing Syariah, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala KUA untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat, untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan Parsial di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga:  Duh! Dunia Pendidikan Tercoreng

“Pelaksanaan shalat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing,” katanya.

Tak lupa, selain mengajak untuk sholat khusyuf , ia menghimbau agar memperbanyak dzikir dan mendoakan untuk kebaikan bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Tinjau Vaksinasi Massal dan Dapur Lapangan Marinir di GBK, Panglima TNI Berpesan Ini

“Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan keselamatan dan kemajuan bangsa,” pungkasnya. (Kis)

Jabar News | Berita Jawa Barat