Lestarikan Mata Air, Pemkab Purwakarta Gelar “Muru Indung Cai”

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebagai langkah menjaga dan melestarikan keberlangsungan sumber mata air di Purwakarta. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, siap membeli lahan milik warga yang menyimpan sumber mata air.

“Dari pada sumber air dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Kami dari pemerintah daerah siap membeli lahan milik warga yang terdapat sumber air,” kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika di sela kegiatan ‘Muru Indung Cai’ (berburu sumber mata air) di Purwakarta, Rabu (17/9/2019).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Kenalkan Budaya Sunda Pada Kaum Milenial

Ia mengatakan, pembelian lahan milik warga yang menyimpan sumber air perlu dilakukan sebagai bagian upaya melindungi keberlangsungan keseimbangan alam serta membantu masyarakat, terutama saat musim kemarau.

Menurut dia, saat ini ada beberapa sumber mata air di Purwakarta yang dikuasai pihak tertentu untuk digunakan bisnis. Jadi Pemkab Purwakarta berinisiatif untuk membeli lahan milik warga yang memiliki sumber air.

Baca Juga:  Doni Monardo Minta Pengungsi Gempa Kelompok Rentan di Sulbar Dipisah

Di Purwakarta sendiri terdapat sembilan mata air di sekitar Kecamatan Wanayasa. Sembilan titik sumber mata air itu menjadi sasaran pelestarian dalam acara berburu sumber mata air tersebut.

Sembilan mata air di wilayah Wanayasa itu di antaranya mata air Cipancur di Desa Cibuntu, mata air Ladu Desa Sumurugul, mata air Legok Macan dan Ciburial di Desa Wanayasa, mata air Cijauh Desa Taringgul Tengah, mata air Cipondoh Desa Sakambang, mata air Cigandasoli dan Cibulakan di Desa Babakan, serta mata air Cipicung di Desa Ciawi Tali.

Baca Juga:  Keren, Indonesia Berhasil Pertahankan Gelar Juara Umum ASEAN Para Games 2023

Sementara itu, kegiatan ‘Muru Indung Cai’ (berburu sumber mata air) digelar di Purwakarta untuk mengingatkan masyarakat dan unsur Pemkab Purwakarta agar tetap melestarikan sumber air. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat