bjb

RI Kebanjiran Impor, Kemendag Kaji Aturan E-Commerce

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | JAKARTA - Berkembangnya teknologi telah membuat dunia pemasaran juga semakin berkembang. Sebagai bagian dari aktivitas bisnis e-commerce, jual-beli online pun semakin marak dilakukan. Tak usah keluar rumah dan menghadapi macetnya jalan jika ingin membeli suatu barang. Dengan bermodalkan Internet dan gadget, transaksi jual/beli menjadi sangatlah mudah

Pemerintah sedang menyiapkan regulasi untuk membendung masuknya impor barang konsumsi melalui sektor perdagangan berbasis elektronik atau "e-commerce".

"Kita sudah menyiapkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP), meski belum final," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Rabu (17/7/2019) malam.

Darmin mengatakan kebijakan ini sedang dirumuskan pemerintah karena impor barang konsumsi melalui sektor "e-commerce" sedang tumbuh pesat.

Padahal pemerintah sedang berupaya untuk menekan pelebaran defisit neraca perdagangan yang sejak awal 2019 telah mencapai 1,93 miliar dolar AS.

Untuk itu, mekanisme kebijakan tersebut sedang dimatangkan antara pemangku kepentingan terkait, apalagi masuknya barang impor konsumsi ke Indonesia ini mempunyai pola yang berbeda-beda.

Baca Juga:

Bank BJB Nyatakan Siap Hadapi Era Digital Banking

Luncurkan Logo Baru Gojek Diberi Nama "Solve" Untuk Ubah Citra

"Impor ini polanya macam-macam. Kita benchmark diri kita, tapi jangan terlalu longgar dengan negara-negara lain," ujar Darmin.

Darmin menegaskan filter ini dilakukan untuk mewaspadai masuknya impor barang konsumsi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara terutama dari Malaysia, Thailand maupun Australia.

Sebelumnya, wacana untuk menahan impor barang konsumsi bukan merupakan hal yang baru untuk menjaga daya saing industri dalam negeri.

Namun, rencana ini makin mengemuka karena sebagian besar produk yang dipasarkan oleh sektor "e-commerce" merupakan barang-barang asing. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Dunia Pemasaran e-commerce Jual Beli Online Rancangan Peraturan Pemerintah
properti

berita terkait

Pemprov Jabar Gandeng Blibli.com Dukung Kreativitas UMKM

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi