Jelang Qurban, Harga Kambing Merangkak Naik

JABARNEWS | MAJALENGKA – Satu bulan menjelang lebaran Qurban, harga satu ekor kambing di pasaran‎ kini mulai merangkak naik. Permintaan cukup banyak membuat harga jual kambing per ekor bervariatif, antara 2 sampai 4 juta.

Hal ini terlihat di pasar hewan kambing di Blok Danaraja, Desa Bantarwaru, Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. Pasar hewan yang ramai pada setiap Senin dan Kamis ini terlihat lebih ramai dan antusias dari biasanya.

Baca Juga:  Maraknya Wisata Ilegal Jadi Bukti Carut Marutnya Pengelolaan Kawasan Konservasi di Jabar

Salah seorang tukang jagal di pasar tersebut, Lukman mengatakan, harga kambing utuh untuk konsumsi qurban pada lebaran nanti, saat ini mengalami kenaikan. Namun hal tersebut bukan berarti pembeli tidak bisa dinego.

“Kambing berbadan kecil‎ itu rata-rata di angka Rp. 2 sampai 2,5 juta per-ekor. Sementara untuk yang berbadan besar bisa nyampe 4 sampai 4,5 juta per ekor,” ungkapnya, Jumat (19/7/2019).

Baca Juga:  Bawaslu Purwakarta Kumpulkan ASN Dan Kades, Ada Apa Ya?

Lukman menambahkan kenaikan harga tersebut juga merata untuk penjualan daging yang akan digunakan para tukang sate. Faktornya karena peminatnya kini sudah lumayan banyak, sementara yang butuh untuk qurban masih belum diambil.

“Sebagian sudah pesan jauh-jauh hari untuk qurban nanti. Tapi itu diambilnya nanti. ‎Sementara untuk kebutuhan hajatan, meski tak banyak selalu saja ada,” ungkapnya.

Baca Juga:  Perhatian! Ingin Cepat dan Mudah? Siapkan Berkas Ini saat Pendataan Regsosek 2022

Sementara itu, salah seorang calon pembeli, Juhadi mengatakan pihaknya berencana untuk membeli satu ekor kambing. Hanya saja nanti, menunggu instruksi dari pimpinannya.

“Rencananya lembaga saya mau qurban. Saat ini masih melihat-lihat dan memilah hewan yang akan dijadikan qurban. Itu nanti tergantung pimpinan saya,” ungkapnya. (Rik)

Jabar News | Berita Jawa Barat