aqua

PID Mampu Tekan Angka Kemiskinan di Desa

Direktur PMD M. Fachri saat kegiatan Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Kamis (18/7/2019). (Foto: Ditjen PPMD)

JABARNEWS | SULAWESI TENGGARA - Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) M. Fachri, atas nama Dirjen PPMD mengatakan, Dana Desa yang telah diterima oleh Desa selama 4 (Empat) Tahun ini talah mampu menekan angka kemiskinan di desa sekitar 9,41 persen sesuai rilis terbaru dari BPS.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar para kepala desa layak diberikan reward atas keberhasilan yang telah diraih selama ini.

Baca Juga:

BPK RI Periksa Sejumlah Desa di Sumedang, DPMD Jabar Sebut Hasilnya

Gus Menteri Optimis SDGs Desa Mampu Entaskan Kemiskinan



"Bagi desa yang bisa menurunkan angka kemiskinan maka layak diberikan reword antara lain melalui Program Inovasi Desa. Sebab, program ini dinilai strategis untuk memacu peningkatan sumber daya manusia yang lebih kreatif dan produktif," kata Fachri dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Kamis (18/7/2019).

Direktur mencontohkan, lapangan Sakti Lodaya di Tasikmalaya yang mampu menggerakkan dan menghadirkan kekuatan ekonomi bagi Desa. Masyarakat di sekitar lapangan tersebut terbukti melaksanakan aktivitas ekonomi mereka, seperti berjualan dan parkir yang dikelola oleh Bumdes.

Fachri berharap agar tahun depan sudah terbangun sistem pengelolaan dan pertukaran pengetahuan dan inovasi secara digital sehingga mudah di akses oleh pelaku pembangunan di desa, mulai dari pendokumentasian pengetahuan dan inovasi desa (capturing), penyebaran dan pertukaran pengetahuan hingga replikasi aspek inovasinya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Program Inovasi Desa Dana Desa Ditjen PPMD Kemendesa PDTT Angka Kemiskinan

berita terkait

Tiga Hal Ini Dilaporkan Gus Menteri kepada Presiden Jokowi

Simak, Ini Aturan Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi