aqua

Guru SD di Purwakarta Ciptakan Bahan Bakar Alternatif Dari Sampah Plastik

Dari pengolahan 1 Kg sampah plastik akan menghasilkan kurang lebih 1 liter bahan bakar. Adapun 1 kilogram sampah plastik berbentuk kantong menghasilkan 0,78 liter bahan bakar.

Akhmad Sudarna Bersama Kepsek SDN 1 Karoya, Hj Enok Komara, Memperlihatkan Alat Ciptaannya yang Dipakai Mengolah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Sampah plastik sudah menjadi masalah besar di kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karena sampah plastik hanya bisa bertambah terus sesuai pemakaian dan tidak bisa dikurangi.

Ditangan seorang pria yang berprofesi tenaga pendidik di SDN 1 Karoya, Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta, sampah plastik disulap menjadi Bahan Bakar Alternatif (BBA) berjenis, minyak tanah, solar hingga bensin.

Baca Juga:

Mang Oded: Bandung Wacanakan Perda Sampah

Batasi Plastik, Alfamart Dukung Program Antik Pemkab Bogor



Caranya tidak begitu rumit atau memakai peralatan canggih, Alat yang diperlukan Akhmad Sudarna untuk menyulap sampah plastik menjadi bahan bakar cukup sederhana, yakni hanya diperlukan sebuah tabung dan pipa besi dan dibawah tabung yang menyerupai tungku. Alat pengolahan sampah ini ia sebut sebagai Pyrolysis.

"Alatnya sederhana gak macem-macem kok, cuma ya saya akui sebelumnya alat ini terus dikembangkan dan terus di sempurnakan hingga sampai menjadi simple seperti saat ini" kata Akhmad, saat memperlihatkan alat pengolahan sampah plastik ciptaannya ditempat ia mengajar. Jum'at, (19/7/2019).

Ahmad menambahkan, secara teknis alat yang dia buat adalah hasil kondensasi gas dari sampah plastik yang menghasilkan fase cair. Hasil kondensasi inilah yang bisa digunakan sebagai bahan bakar setara dengan bensin, solar, dan minyak tanah pada umumnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Sampah Plastik Pengolahan Limbah Bahan Bakar Alternatif ASN Kreatif Dinas Pendidikan

berita terkait

Dengan Cara Ecobrick Mahasiswa Unsika Manfaatkan Sampah Plastik

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi