Pameran Kreativitas Wirausaha Muda, Dongkrak Kreasi Pemuda Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pameran kreativitas wirausaha muda Kabupaten Purwakarta digelar Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) melalui bidang kepemudaannya salah satu cara mendongkrak semangat anak-anak muda untuk terus berkreasi dan berinovasi.

Kepala Bidang Kepemudaan, Ahmad Arif Imamulhaq mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh institusinya ditujukan untuk mendorong dan memberikan peluang serta memfasilitasi para generasi muda untuk yang sudah memiliki produk untuk memamerkan berjualan memasarkan sehingga mereka juga punya kepercayaan diri.

“Pameran ini juga untuk mendorong para generasi muda untuk terus untuk mau berusaha berwirausaha sehingga bisa hidup mandiri tidak bergantung kepada orang lain,” kata Arif, saat ditemui usai mengunjungi stand pameran kreativitas wirausaha muda Kabupaten Purwakarta, di halaman kantor Disporaparbud, Purnawarman, Kelurahan Sindangkasih, Purwakarta, Jumat (19/7/2019).

Baca Juga:  Bupati Cirebon Dan Lima Orang Lainnya Kena OTT KPK

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang mempertemukan para pengusaha pengusaha muda yang ada di Kabupaten Purwakarta hingga mereka bisa menjalin komunikasi lebih baik kedepannya, saling memperkuat sebagai pengusaha satu sama lainnya.

“Alhamdulillah responnya sangat baik, ada sebanyak 22 stand di pameran kreativitas wirausaha muda Kabupaten Purwakarta ini. Dalam pameran ditampilkan berbagai produk dan jasa yang dikelola oleh anak-anak muda di wilayah Purwakarta dan sekitarnya. Mulai dari olahan makanan dan minuman, kerajinan tangan, pakaian, produk pertanian dan banyak lagi,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pelajar Yang Tenggelam di Waduk Cirata, Akhirnya Ditemukan Setelah Dua Hari Pencarian

Diantar 22 stand yang ikut dalam Pameran Kreativitas Wirausaha Muda Kabupaten Purwakarta yang di gagas Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, terlihat stand milik SMK Taruna Sakti Purwakarta.

Terpisah, Kepala SMK Taruna Sakti Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya mengatakan pihaknya sengaja mengikut sertakan SMK Taruna Sakti Purwakarta dalam pameran tersebut.

“Kami sengaja ikut serta dalam pameran ini dalam rangka mempersiapkan para siswa-siswi kami agar mampu bersaing dan juga mengasah kemampuan para siswa-siswi lewat produk dan usaha kreatif yang mempunyai daya saing,” kata Gilang.

Baca Juga:  Ngeri! Bonceng Tiga, Dua Pemuda di Purwakarta Tewas

Menurutnya, menghadapi MEA atau perdagangan bebas Asean dunia pendidikan harus membekali siswanya dengan keahlian yang berguna.

“Di pameran ini para siswa-siswi SMK Taruna Sakti Purwakarta bisa bertemu dengan para pengusaha muda lainya, sehingga terjalinnya komunikasi antara siswa-siswi dengan pengusaha muda dan terbentuk jejaring usaha yang semakin luas diantara para wirausaha. Ini penting jadi catatan, mereka bisa belajar dari pengusaha muda lainya,” pungkas Gilang. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat