Genjot Sektor Pariwisata Jabar, Pemprov Gelar Maraton Lintas Alam Terbuka

JABARNEWS | SUBANG – Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat gelar Event maraton Lari Lintas Alam Terbuka: Wanadri Trail Run 2019 yang berlangsung di kawasan Ciater Highland Resort, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Minggu (21/7/2019).

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melepas secara langsung peserta yang berjumlah sekitar 600 orang. Ada empat kategori yang dilakoni, yakni kategori 50k, 25k, 13k, dan 5k.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini ditemani udara nan sejuk serta sinaran mentari pagi. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun turut ambil bagian di event lari ini di kategori 5k. Selain itu, ada pula peserta dari mancanegara, di antaranya Australia dan Belanda.

Baca Juga:  Ketum PBNU Ajak Masyarakat Majalengka Jaga Pilpres Damai

Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat pun mendukung penuh event lari lintas alam terbuka yang cukup jarang digelar. Biasanya, maraton digelar di daerah perkotaan dengan jalanan beraspal.

Sementara jalur untuk lari lintas alam ini melewati jalanan bebatuan, tanah, pasir, dan ilalang. Bahkan, ada titik tertentu di mana pelari harus melewati aliran sungai. Karena melintasi berbagai panorama alam tersebut yang bisa menyulitkan peserta, lari lintas alam terbuka menawarkan tantangan yang lebih besar bagi para pelari.

Baca Juga:  Cimahi Kekurangan Guru, DPRD Minta Tambah Kuota PNS

Plh. Gubernur Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, event olahraga seperti ini bisa menjadi daya tarik masyarakat. Apalagi digelar di alam terbuka Subang yang terkenal dengan hamparan kebun teh lengkap dengan hembusan udara sejuk dan pemandangan alam yang memanjakan mata.

“Kami sangat mendukung acara seperti ini, karena sesuai dengan visi misi kami yang ingin menggenjot sektor pariwisata,” kata Uu.

Berikutnya, Pemdaprov Jawa Barat bakal menggelar lari lintas alam terbuka lainnya di Kabupaten Pangandaran pada Desember 2019.

“Ini adalah support warga kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang ingin sukses dalam bidang pariwisata,” tambahnya.

Baca Juga:  Hari ini Gunung Sinabung Dua Kali Erupsi, Tinggi Kolom Abu 2800 Meter

Uu pun mengundang peserta dan masyarakat lainnya untuk turut ambil bagian di event lari lintas alam terbuka berikutnya. Selain Pangandaran, ada pula event maraton diikuti ribuan peserta pada akhir Juli mendatang yang berlangsung di Kota Bandung.

“Kami juga mengundang untuk Desember nanti di Kabupaten Pangandaran ada kegiatan yang sama (lari di alam terbuka),” ujar Uu.

Turut mendampingi Uu dalam acara ‘Lari Lintas Alam Terbuka: Wanadri Trail Run 2019’ berlangsung di kawasan Ciater Highland Resort adalah Engkus Sutisna, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat