Ratusan Hektar Sawah di Kabupaten Bandung Terancam Kekeringan

Kawasan pertanian padi yang terancam kekeringan di antaranya di Kecamatan Cikancung, Solokanjeruk, Nagreg, Baleendah, Arjasari dan kecamatan lainnya.

Ilustrasi Kekeringan (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Bencana kekeringan di Jawa Barat kian meluas, setelah sebelumnya tercatat seluas 557 hektare lahan pertanian padi yang terancam kekeringan. Kini lahan pertanian seluas 990 hektare di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung terancam kekeringan, Minggu (21/7/2019). Ancaman kekeringan itu semakin meluas,

Ancaman itu disebabkan musim kemarau yang sudah berlangsung dalam beberapa pekan terakhir ini. Kawasan pertanian padi yang terancam kekeringan di antaranya di Kecamatan Cikancung, Solokanjeruk, Nagreg, Baleendah, Arjasari dan kecamatan lainnya.

Baca Juga:

Antisipasi DBD, Pemkot Bandung Sambangi Sekolah

Wakil Wali Kota Bandung: Kadisdik Bukan Diberhentikan Tapi Habis Kontrak



Sementara luas lahan pertanian padi yang ditanami di Kabupaten Bandung seluas 20.263 hektare pada musim tanam tahun ini. Dengan usia tanam bervariasi, yaitu antara satu hari setelah tanam sampai panen.

"Selain 990 hektare lahan pertanian padi yang terancam kekeringan, seluas 120 hektare sudah dilanda kekeringan dengan intensitas ringan (89 hektare), sedang 27 hektare dan berat (4 hektare). Sampai saat ini belum ada yang sampai puso," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, H. A. Tisna Umaran, di Baleendah, Minggu (21/7/2019) siang.

Didampingi Kabid Sarana Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Yayan Agustian, dan Kasi Perlindungan Tanaman Pertanian, Agus Lukman, Tisna mengatakan, rasio luas kekeringan dibandingkan luas tanam (20.263 ha) hanya mencapai 0,59 persen. Menurutnya, mayoritas terkena kekeringan adalah sawah tadah hujan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Musim Kemarau Krisis Air Bersih Kota Bandung Kurang Debit Air PDAM Pertanian Terancam Gagal Panen

berita terkait

Mang Oded Berterima Kasih Pada Elih

Showroom Di Ujung Berung Terbakar, Dua Mobil Hangus

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi