Pemkab Purwakarta Launching Aplikasi E-Planning

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta resmi melaunching aplikasi SIMDA perencanaan (E-Planning) yang mulai digunakan dalam penyusunan dokumen perencanaan Kabupaten Purwakarta 2019.

Hal ini merupakan wujud komitmen Pemerintah untuk menjadikan pemerintahan yang good governance dan clean government.

“Pemkab Purwakarta mulai menerapkan pengintegrasian E-Planning di tahun ini. Langkah pengintegrasian ini berangkat dari kebutuhan Kabupaten Purwakarta dalam proses perencanaan dan penganggaran,” ujar Kepala Bappeda Purwakarta Aep Durrohman saat acara launching E-Planning, di Aula Janaka Pemkab Purwakarta, Kamis, (11/04/2019).

Baca Juga:  Pertamina Siapkan Produksi Baterai Listrik untuk Motor, Ini Alasannya

Dengan diterapkannya E-Planning ini diharapkan berdampak pada tertibnya penyusunan dokumen perencanaan secara berjenjang serta penyusunannya memenuhi semua aspek yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan terutama aspek, kecepatan waktu dan substansi.

“E-Planning juga akan diintegrasikan dengan e-budgeting sehinggga database perencanaan dan penganggaran menjadi hanya satu data sehingga memudahkan dalam pengendalian dan pelaporan,” ujar Aep.

Baca Juga:  Brimob Polda Sumut Datangi Mako Yonif 126/KC, Ada Apa?

Sementara itu, Plt Sekda Iyus Permana mengapresiasi adanya aplikasi E-Planning. Hal ini merupakan bentuk pengembangan manajemen pemerintahan, kepada seluruh perangkat daerah untuk tetap bersatu dalam rangka mengawal kesinambungan jalannya pembangunan, dengan menempatkan kepentingan masyarakat diatas kepentingan sector maupun masing-masing kelembagaan, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat sesuai dengan harapan kita semua.

Baca Juga:  Oknum Kades Cipakat Ditetapkan Tersangka Penyalahgunaan Dana Desa

“Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di lingkungan Pemkab Purwakarta melalui pemanfaatan teknologi informasi,” ungkap Iyus di tempat yang sama.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula sosialisasi peran SIMDA perencanaan dalam penyusunan dokumen perencanaan, serta pembinaan dan pengawasan penyelengaraan Pemda yang disampaikan oleh BPKP Provinsi Jawa Barat. (Red/Rilis)

Jabar News | Berita Jawa Barat