Ridwan Kamil Kunjungan Kerja Ke Eropa Menbawa Tiga Misi

JABARNEWS | BANDUNG – Lebih dari 26 institusi diagendakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menghadiri pertemuan dalam kunjungan kerja ke Inggris dan Swedia pada 21 sampai 26 Juli 2019 dan selama enam hari berada di Benua Biru.

“Saya akan mengadakan pertemuan dengan lebih dari 26 institusi,” katanya dalam siaran pers, Minggu (21/7/2019)

Salah satu pertemuan, kata Emil akan membahas soal finalisasi investasi pengelolaan sampah plastik menjadi solar dari perusahaan Inggris, yakni Plastic Energy Limited, dengan nilai investasi sebesar Rp 3 triliun. Dia pun akan berkunjung langsung ke kantor pusat Plastic Energy Limited.

Selain itu, Emil mengatakan bahwa pihaknya akan membicarakan program English for Ulama dengan beberapa institusi di Inggris. Menurutnya, Inggris akan menjadi salah satu negara tujuan duta Jawa Barat lulusan English for Ulama untuk menggemakam Islam Damai ke seluruh dunia.

Baca Juga:  Perbanyaklah Sedekah Di Hari Jumat, Dan Ini Manfaatnya

“Sisanya ada 24 pertemuan lagi, mulai dari Kebudayaan, studi untuk SMK yang akan dijadikan partner di sana, dan Festival Budaya Jawa Barat di Stockholm (Swedia),” katanya.

“Insyaallah semuanya pertemuan membawa oleh-oleh yang konkret untuk Jawa Barat,” lanjutnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Dani Ramdan mengungkapkan, secara keseluruhan kunjungan kerja Gubernur Jawa Barat ke Inggris dan Swedia kali ini membawa tiga misi, yakni ekonomi, lingkungan, serta seni-budaya.

“Beliau (Gubernur Emil) akan melihat dan berkunjung langsung ke kantor pusat Plastic Energy Limited di sana, industrinya seperti apa,” katanya.

Selain itu, di Inggris, Emil juga diundang Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London untuk menghadiri pembukaan Pusat Budaya Sunda di Universitas Manchester. Maka itu, Emil mengajak tim Saung Angklung Udjo untuk tampil dalam acara tersebut.

Baca Juga:  Diduga Akibat Terpapar Covid-19, Tiga Wanita di Garut Meninggal

Sementara di Swedia, Emil dijadwalkan menghadiri Festival Indonesia yang digelar oleh KBRI Stockholm. Di festival tersebut, Jawa Barat menggelar pameran yang akan menyajikan berbagai hasil kriya khas Tanah Pasundan.

“Di festival ini Jawa Barat diberikan stan sebagai stan utama untuk mengisi ekonomi kreatifnya dan budaya. Kita juga membawa delegasi kesenian yang cukup besar juga,” ucapnya.

Selain itu, di Swedia, Emil akan menindaklanjuti kerja sama dengan IKEA terkait produk-produk kriya khas Jawa Barat untuk dijajakan di berbagai store IKEA. Emil juga akan bertemu dengan jajaran direksi IKEA langsung di kantor pusatnya.

“Pak Gubernur akan melobi, disamping produk-produk Swedia, IKEA juga bisa berkolaborasi, menyerap produk-produk Jawa Barat tentunya melalui kurasi dan pembinaan dari IKEA,” kata Dani.

“Jadi di kunjungan kali ini ada aspek ekonomi, seni dan budaya, juga ada lingkungannya sebagai upaya untuk menekan sampah plastik dari Jawa Barat,” lanjutnya.

Baca Juga:  Berpelukan Miliki Sejuta Manfaat, Yang Single Jangan Baper

Menurut Asisten Daerah Bidang Perekonomian dam Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat Eddy IM Nasution, kunjungan kerja tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan kerja sama di berbagai bidang.

“Di Manchester, Gubernur Jawa Barat diberikan kehormatan sebagai pembicara dalam acara Peaceful Dialogue di Manchester yang dihadiri berbagai kalangan secara baik dari Kota Manchester maupun daerah lainnya di Inggris sekitarnya,” lanjutnya.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Emil didampingi oleh Kepala Dinas Pariswisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik Kurohman, Direktur Bank Indonesia Regional Jawa Barat Pribadi Santoso, Ketua Umum Kadin Jawa Barat Tatan Pria Sudjana, dan Wali Kota Bogor Bima Arya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat