bjb

Begini Cara Pemkab Purwakarta Antisipasi Harga Cabai yang Melambung

Kabid Perdagangan, Diskoperindag Kabupaten Purwakarta, Wita Gusrianita saat melakukan sidak beberapa waktu lalu. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Untuk mengantisipasi terus melambungnya harga cabai rawit dan cabai jenis lainya akibat minimnya stok barang di tingkat petani, Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Purwakarta, tengah berkoordinasi dengan Dinas Pangan dalam hal ketahanan pangan. 

Kepala Diskoperindag Kabupaten Purwakarta, Hj.Karliati Djuanda melalui Kabid Perdagangan, Wita Gusrianita, mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi ataupun pusat dalam hal kebijakan pengendalian harga.

"Seperti yang kita ketahui, Purwakarta bukanlah daerah yang berpotensi penghasil cabai rawit atau cabai lainya denga jumlah banyak," kata Wita melalui pesan singkatnya, Senin (22/7/2019).

Ia menambahkan, mahalnya harga tumbuhan anggota genus Capsicum yang populer di Asia Tenggara itu bukanlah kejadian langka, cabai rawit kerap mengalami kenaikan harga yang lumayan signifikan disetiap tahunnya.

"Karena faktor dari kondisi alam yaitu kemarau. Selain itu, dalam produksi tanam nya para petani dikeluhkan adanya serangan hama yang berpengaruh terhadap gagalnya hasil panen petani," imbuhnya.
Baca Juga:

Pemkab Purwakarta Mendorong Kelompok Tani Lakukan Korporasi

Di Purwakarta Ada Gubuk 2x4 Meter Ditempati 8 Orang


Wita berharap, musim penghujan segera tiba. Sehingga, lanjut dia, selain berdampak terhadap harga cabai rawit yang kembali stabil, musim penghujan juga berdampak terhadap keberadaan cabai rawit yang mudah didapat.

"Insya Allah setelah musim hujan tiba, produksi cabe meningkat dan kualitas cabe pun bagus sehingga harga cabe kembali stabil," harapnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Melambung Harga Cabai Musim Kemarau Diskoperindag Pemkab Purwakarta

berita terkait

Pemkab Purwakarta Sisir Tiap Desa Gali Potensi Wisata

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi