aqua

Mahasiswa Unsika Ajak Pelajar SDN 4 Cisalada Manfaatkan Limbah Plastik

Mahasiswa KKN Unsika di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta bersama pelajar dan guru SDN 4 Cisalada, Senin (22/7/2019). (Foto: Gingin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Puluhan pelajar SDN 4 Cisalada Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta diajarakan memanfaatkan sampah plastik oleh mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Senin (22/7/2019).

Salah satu mahasiswa Unsika yang melaksanakan KKN di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Agnita eriyawati mengatakan, pihaknya mengajak para pelajar dan guru SDN 4 Cisalada membuat berbagai macam karya yang bermanfaat seperti ecobrick, paving blok, dan vertikultur dari limbah plastik.

Baca Juga:

Mahasiswa Unpad Kembangkan Odol Bentuk Tablet, Cocok buat Travelling

Mahasiswa Unla Laksanakan KKNM di Sukamiskin Bandung



"Praktik ini untuk memberikan edukasi kepada pelajar SDN 4 Cisalada mengenai pemanfaatan limbah plastik yang dapat diolah menjadi berbagai karya yang bermanfaat, seperti halnya Ecobricks," ujar Anggita

Membuat Ecobricks, lanjut dia, hanya bermodalkan botol plastik yang kemudian dapat diisi dengan sampah plastic atau kresek yang telah dipotong kecil-kecil. Kemudian dimasukan kedalam botol dengan cara ditekan dengan tongkat kayu hingga botol menjadi keras/padat.

"Ecobrick jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah bata ramah lingkungan. Ecobrick dianggap menjadi solusi masalah sampah plastik yang sederhana namun visioner. Jika dipadatkan dengan baik, ecobrick akan menjadi kuat," jelasnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Kuliah Kerja Nyata Universitas Singaperbangsa Karawang Mahasiswa Unsika Limbah Plastik SDN 4 Cisalada

berita terkait

Di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa Undip Turun ke Masyarakat

Meski Pandemi Covid-19, Unisba Tetap Kirim Mahasiswa untuk KKN

Kebersamaan Mahasiswa UPI dengan Pelajar SDN 007 Cipaganti

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi