JMN Channel


BMKG: Ada Potensi Megathrust di Indonesia

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjawab wartawan usai menghadiri Pembukaan Rakornas BMKG 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/7/2019) siang. (Foto: Jay/Humas)

JABARNEWS | JAKARTA - Sebagai negeri cincin api dan sabuk gunung api yang berada di atas lempeng-lempeng tektonik yang aktif, Kepala Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BKMG) Dwikorita Karnawati mengakui adanya potensi terjadinya megathrust di Indonesia yang berdasarkan hasil kajian, riset, ada potensi untuk mengalami gempa dengan kekuatan lebih dari 7 bahkan sampai 8 lebih.

“Itu harus kita ketahui bukan untuk ketakutan karena itu namanya potensi. Potensi itu beda dengan prediksi, kalau prediksi itu kepastiannya lebih tinggi,” kata Dwikorita menjawab wartawan usai mengikuti acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMGK), di Istana Negara, Jakarta, dilansir dari lama Setkab.go.id, Selasa (23/7/2019).

Baca Juga:

Nias Selatan Diguncang Gempa Bumi Kekuatan Magnitudo 3.0

BMKG: Memasuki Musim Kemarau, Lahan Pertanian Perlu Penanganan Khusus



Potensi itu, lanjut Kepala BMKG, ada kemungkinan. Tetapi ia mengingatkan, ilmu pengetahuan sampai saat ini belum bisa menjawab seberapa besarkah kemungkinannya kapan terjadinya.

Karena itu, dari pada kita ketakutan mengandai-andai kejadiannya kapan, Kepala BMKG menyarankan, selama kita berada di Indonesia mestinya kita bersiap.

“Mau tinggal di Lombok, mau tinggal di Jogja, mau tinggal di Jakarta, mau tinggal di manapun di Indonesia itu kalau dengan gempa kita akan mengalami ya, entah kapan,” tegas Dwikorita.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BMKG Dwikorita Karnawati Megathrust

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi