Ratusan Buruh Demo Tuntut Manajemen PT Suzuki Indomobil Tambun

JABARNEWS | BEKASI – Ratusan pekerja yang tergabung dalam Serikat Pekerja Automotive Mesin dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PT Suzuki Indomobil Motor berdemonstrasi di depan pabrik PT Suzuki Indomobil Motor Plant Tambun, Jalan Sultan Hasanudin, Kabupaten Bekasi. Kamis (25/7/2019).

Demonstrasi dilakukan untuk mendesak manajemen PT Suzuki Indomobil Motor di Jalan Raya Diponegoro, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, menyeret pelaku korupsi di perusahaan tahun 2018 ke pengadilan.

Baca Juga:  Menjadi Inovator, Baznas Peduli Rutilahu Warga Tak Mampu di Cianjur

Ketua PUK SPAMK PT Suzuki Indomobil Motor Heru Wibowo mengatakan setelah aksi unjuk rasa 5 Juli 2019 manajemen PT Suzuki Indomobil Motor sudah menyampaikan tanggapan mengenai praktik korupsi oleh personel manajemen perusahaan, namun tidak menjelaskan status hukumnya.

“Kata pihak manajemen, yang bersangkutan akan di PHK akhir bulan ini. Tetapi kita tidak nuntut sampai di situ, kita nuntut yang bersangkutan dipidanakan karena perbuatannya ini murni pidana dan tidak bisa dimaafkan begitu saja,” katanya.

Baca Juga:  Tidak Tepat Sasaran, Bantuan Gubernur Diterima Di Rumah Cukup Mewah

Selain itu, para pekerja mendesak pengembalian uang perusahaan senilai 500 ribu dolar Singapura.

Para pekerja PT Suzuki Indomobil Motor juga mendesak peningkatan kesejahteraan, termasuk kenaikan upah, penambahan dana pensiun, dan penambahan plafon biaya pengobatan.

Heru menambahkan, para buruh juga berharap Presiden Direktur Suzuki memastikan para komisaris tidak melakukan tindakan yang melanggar undang-undang.

Baca Juga:  Kain Merah Putih Berukuran 100 Meter Terbentang di Telaga Saat

“Kekhawatiran buruh Suzuki, para komisaris ini masuk kembali memimpin Suzuki karena dulu pernah di bawah kepemimpinannya kondisi kesejahteraannya sangat buruk,” katanya.

Aksi demonstrasi ini tak menganggu jalannya produksi di dalam pabrik, karena buruh yang dikerahkan berasal dari shift 3. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat