bjb

KIP bersama Kemendesa PDTT akan Lakukan Monev Perki SLIP Desa

Suasana rapat Kemendesa PDTT bersama KIP, di Jakarta, Jum'at sore (26/7/2019). (Foto: Kemendes PDTT)

JABARNEWS | JAKARTA - Untuk memastikan pelayanan informasi publik di desa berjalan, dalam waktu dekat ini Kemendesa PDTT bersama Komisi Informasi Pusat (KIP) akan melakukan monitoring (Monev) Peraturan Komisi Informasi Standar Layanan Informasi Publik Desa (Perki Slip Desa).

Karena itu, bertempat di ruang rapat KIP di Jakarta, Jum'at sore (26/07/2019) dilangsungkan rapat persiapannya. Rapat sore itu dihadiri Wakil Ketua dan anggota Komisioner KIP, sedangkan dari Kemendesa dihadiri Kasi Pendampingan Desa Weldon K dan jajaran KN-PID dan KN-P3MD.

Ditemui usai mengikuti rapat, Lendy Wibowo mewakili Kemendesa PDTT dari Konsultan Nasional Program Inovasi Desa (KN-PID) mengatakan, rapat tersebut membahas rencana monev pelaksanaan keterbukaan informasi publik di desa.

"Tadi itu rapat dengan Komisi Informasi Pusat membahas rencana monev pelaksanaan keterbukaan informasi publik di desa," Lendy.

Menurut Lendy, monev berfokus pada kriteria desa dengan dukungan regulasi, anggaran, pejabat pengelola informasi dan dokumentasi, kelompok peduli, serta sistem keterbukaan informasi di desa seiring terbitnya Perki Slip Desa.

Juga tak bisa diabaikan terkait peran-peran dukungan dari pemda. Mencari indeks optimum dari treatmen dan prakarsa desa menjadi PR yang menantang.
Baca Juga:

Asuransi dan Rumah Hunian bagi Pendamping Desa

Tingkatkan Kesejahteraan Pendamping Desa, Kemendesa Teken Kerja Sama dengan BNI Life


“Misalnya dukungan pemkab atas Sistem Informasi Desa yang seharusnya diperankan olehnya sesuai UU Desa,“ tambah pria asal Blitar ini.

Sementara itu, Nurul Hadi, salah satu Deputi KN-P3MD juga berpendapat senada. Menurutnya dengan adanya monev keterbukaan publik ini, secara tidak langsung, pihaknya juga dapat melihat hasil kinerja para pendamping profesional desa yang selama ini menjadi mitra dan teman kerja pemerintah dan masyarakat desa.

"Harapan kita hasil monev tersebut nantinya dapat digunakan oleh pemerintah untuk membuat kebijakan strategik nasional khususnya menguatkan akses warga pada informasi publik," jelas Nurul mengakhiri pendapatnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Kemendes PDTT KIP Monev Bersama Perki SLIP Desa Keterbukaan Informasi Publik
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi