bjb

Kampung Impian Sukawana, Hadirkan Wisata Edukatif dan Produktif Dekat BIJB

Salah satu bangunan dermaga di atas hamparan sawah di Desa Sukawana, Kecamatan Kertajati,Majalengka. (Foto: Rik/Jabrnews)

JABARNEWS | MAJALENGKA - Berwisata alam di pegunungan dan pantai, mungkin sudah biasa dilakukan‎. Namun berwisata di kampung yang bukan berada di antara kedua area tersebut bisa menjadi sesuatu yang baru.

Seperti contohnya, wisata Kampung Impian Sukawana atau Sukawana Dream Village (SDV), sebuah dermaga diatas hamparan sawah, dilengkapi bangunan bambu yang berkonsepkan milenial serta beragam kegiatan wisata produktif yang terletak di Desa Sukawana, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Hadir menyapa dekat BIJB Kertajati, SDV bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi.

Salah seorang pengelola Sukawana Dream Village (SDV) M. Syarif Hidayatullah mengatakan ‎SDV hadir sebagai upaya menghadapi tantangan baru di era beroperasinya bandara. Kehadiran BIJB dan Aerocity Kertajati menuntut agar masyarakat sekitar dapat menjadi bagian dari pemeran utama atau pelaku usaha, sehingga tidak tergerus oleh arus perubahan global.

"Kita hadir untuk menjawab tantangan global dan era baru di Majalengka. Kini, Bandara telah ramai. Apalagi di tahun-tahun yang akan datang. Kampung impian ini salah satu solusi, supaya masyarakat tidak hanya jadi penonton," ungkapnya, Sabtu (27/7/2019).

Syarif menambahkan, ‎pemerintah pada umumnya telah berkomitmen untuk melakukan perubahan lingkungan, salah satunya adalah membentenginya dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Namun menurutnya apabila tidak adanya filter terhadap kebudayaan baru dengan keluar masuknya turis asing, hal itu bisa menyebabkan pergeseran budaya lokal.

"Oleh karena itulah, kami di sini, SDV hadir sebagai solusi konkret untuk memaksimalkan implementasinya. SDV merupakan satu project yang mengakselerasikan dengan mengintegrasikan antara potensi dan peluang di area penyangga BIJB." ungkapnya.

Pengelola lainnya, Solichin Indrawan mengatakan, SDV merupakan project underground yang dikelola secara professional dan lebih banyak bergerak dalam sektor edu wisata. Konsep umumnya adalah pengunjung yang melakukan registrasi di front office dapat melakukan akses wisata ke spot-spot umum dan khusus di kawasan SDV dan lingkungan kampoeng impian di Desa Sukawana dengan menggunakan sepeda melalui track tertentu.

Baca Juga:

Ini Langkah Terobosan Cegah Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dan KDRT Di Majalengka

Majalengka Tertutup Untuk Produk Luar

"Program yang kami tawarkan adalah paket pendidikan bahasa dengan konsep wisata bersepeda. Kami juga menawarkan guide yang pandai berbahasa Inggris, Jepang maupun China." ungkapnya. 

Indrawan menambahkan, paket lainnya yang ditawarkan yakni, bersepeda keliling kampung pada waktu pagi dan sore hari. Ketika sunrise dan sunset itu, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan yang tak kalah indahnya dengan nuansa pegunungan dan pantai.

‎"Sebagai contoh, satu orang pemandu dikhususkan untuk menemani 25 pesepeda selama 2 jam. Di akhir sesi, kamu wajib menuliskan impian yang kamu temukan di dream street , dan disimpan ditempat khusus yang suatu saat dapat dipetik kembali ketika impian itu telah tercapai." ungkapnya.

Sementara itu, jika sore hari‎, warga setempat terutama remaja, banyak yang berdatangan untuk sekeder selfie dan melihat pemandangan matahari tenggelam di ufuk barat. (Rik)

Jabar News | Berita Jawa Barat




Tags : BIJB Kertajati Majalengka Kampung Impian Sukawarna SDV Wisata Majalengka Wisata Edukatif
properti

berita terkait

Gantolle Siap Meriahkan Gunung Panten Majalengka

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi