bjb

Tahun Ini, 15 Puskesmas Ramah Anak Ditargetkan Hadir di Cianjur

Ilustrasi. (Dok. Net)

JABARNEWS | CIANJUR - Untuk menunjang Cianjur sebagai kabupaten layak anak, Pemkab Cianjur menargetkan pada 2019 ada 15 puskesmas ramah anak di sejumlah wilayah.

Kepala Dinas Kesehatan Cianjur Tresna Gumilar di Cianjur, Jumat (26/7/2019), mengatakan sejak tahun lalu pihaknya sudah menjalankan program pembentukan puskesmas ramah anak, yakni sebanyak 10 puskesmas.

"Tahun ini ditargetkan puskesmas ramah anak bertambah sampai 15 puskesmas, diutamakan puskesmas di wilayah perkotaan," katanya.

Ia menjelaskan, dari 10 puskesmas yang dibentuk lebih dulu, dua di antaranya mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yakni untuk Puskesmas Ciherang dan Puskesmas Karangtengah.

"Tahun lalu yang dapat penghargaan Puskesmas Karangtengah, tahun ini yang dapat Puskesmas Ciherang, keduanya di Kecamatan Karangtengah," katanya.

Ia menjelaskan, ada 15 indikator yang harus dipenuhi puskesmas untuk menjadi puskesmas ramah anak dengan mengacu pada enam kompenen, mulai dari sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana dan lingkungan, pelayanan, pengelolaan dan partisipasi anak serta pemberdayaan masyarakat.
Baca Juga:

Ada Jalan Mirip Kubangan Kerbau di Agrabinta Cianjur

Harapan Warga Agrabinta Cianjur kepada Pemerintah


Puskesmas ramah anak dibentuk untuk menunjang program dan target Cianjur untuk menjadi kabupaten layak anak. Diharapkan segala fasilitas tersebut dapat membuat hak-hak anak lebih terjamin, terutama dari segi layanan kesehatan.

"Target ke depannya seluruh puskesmas harus ramah anak, seperti halnya yang sudah dijalankan di 45 puskesmas di Cianjur yang sudah terakreditasi," katanya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat




Tags : Puskesmas Cianjur Pemkab Cianjur Puskesmas Layak Anak

berita terkait

Petani di Cianjur Terpaksa Jual Gabah Murah

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi