Tahun Ini, 15 Puskesmas Ramah Anak Ditargetkan Hadir di Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Untuk menunjang Cianjur sebagai kabupaten layak anak, Pemkab Cianjur menargetkan pada 2019 ada 15 puskesmas ramah anak di sejumlah wilayah.

Kepala Dinas Kesehatan Cianjur Tresna Gumilar di Cianjur, Jumat (26/7/2019), mengatakan sejak tahun lalu pihaknya sudah menjalankan program pembentukan puskesmas ramah anak, yakni sebanyak 10 puskesmas.

“Tahun ini ditargetkan puskesmas ramah anak bertambah sampai 15 puskesmas, diutamakan puskesmas di wilayah perkotaan,” katanya.

Baca Juga:  Tak Betah di Ponpes, Santriwati Subang dan Temannya Bohong Diperkosa Lalu Dibuang

Ia menjelaskan, dari 10 puskesmas yang dibentuk lebih dulu, dua di antaranya mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yakni untuk Puskesmas Ciherang dan Puskesmas Karangtengah.

“Tahun lalu yang dapat penghargaan Puskesmas Karangtengah, tahun ini yang dapat Puskesmas Ciherang, keduanya di Kecamatan Karangtengah,” katanya.

Baca Juga:  Tingkatkan Keamanan Pengunjung, Disbudpar Garut Kaji Standarisasi Objek Wisata

Ia menjelaskan, ada 15 indikator yang harus dipenuhi puskesmas untuk menjadi puskesmas ramah anak dengan mengacu pada enam kompenen, mulai dari sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana dan lingkungan, pelayanan, pengelolaan dan partisipasi anak serta pemberdayaan masyarakat.

Puskesmas ramah anak dibentuk untuk menunjang program dan target Cianjur untuk menjadi kabupaten layak anak. Diharapkan segala fasilitas tersebut dapat membuat hak-hak anak lebih terjamin, terutama dari segi layanan kesehatan.

Baca Juga:  Terkendala Medan, Korban Tenggelam Ini Belum Ditemukan

“Target ke depannya seluruh puskesmas harus ramah anak, seperti halnya yang sudah dijalankan di 45 puskesmas di Cianjur yang sudah terakreditasi,” katanya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat