bjb

Senin Depan, Presiden Jokowi Tandatangani Amnesti untuk Baiq Nuril

Presiden Joko Widodo. (Dok. Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Presiden Joko Widodo akan menandatangani surat pemberian pertimbangan amnesti untuk Baiq Nuril, Senin (29/7/2019) mendatanag.

”(hari) Senin saya tandatangani. Kalau nggak (hari) Senin ya maksimal (hari) Selasa,” kata Presiden di Jakarta pada Jumat (26/7/2019) petang.

Jokowi menjelaskan dirinya akan mendalami perihal tersebut.

Sebelumnya Komisi III DPR RI juga telah menyetujui surat Presiden Jokowi terkait pemberian pertimbangan amnesti untuk korban pelecehan yang merekam pembicaraan, Baiq Nuril.

Rapat pleno Komisi III yang digelar pada Rabu (24/7/2019) menyepakati persetujuan itu.

Baiq Nuril adalah mantan tenaga honorer SMAN 7 Mataram yang berdasarkan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) divonis 6 bulan penjara dan denda Rp500 juta rupiah lantaran dianggap melanggar Pasal 27 ayat (1) Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik karena menyebarkan percakapan asusila kepala sekolah SMU 7 Mataram Haji Muslim. Perbuatan Baiq dinilai membuat keluarga besar Haji Muslim malu.

Baca Juga:

Keluarga TNI Di Kompleks Cijantung Jakarta Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

APK Jokowi-Amin Penuhi Jalanan Kota Bandung, Bawaslu Temukan Pelanggaran

Saat Baiq Nuril mengajukan permohonan Peninjauan Kembali (PK) ke MA dengan Nomor 83 PK/Pid.Sus/2019 namun PK itu juga ditolak.

Dengan ditolaknya permohonan PK pemohon atas Baiq Nuril tersebut, maka putusan kasasi MA yang menghukum dirinya dinyatakan tetap berlaku. Baiq Nuril dan pengacaranya pun lalu memohonkan amnesti dari Presiden Joko Widodo.

Presiden dapat memberikan amnesti setelah mendapat nasihat tertulis dari Mahkamah Agung yang menyampaikan nasihat itu atas permintaan Menteri Hukum dan HAM, namun dengan memperhatikan pertimbangan DPR. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat




Tags : Baiq Nuril Amnesti Baiq Nuril Jokowi Jokowi Tandatangani Amnesti Baiq Nuril
properti

berita terkait

Bupati Bandung Barat Deklarasi Dukungan Untuk Jokowi-Ma’ruf

Temui Para Penyuluh Pertanian, Jokowi Malah Disoraki

Idiih...Jan Ethes

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi