Erupsi Tangkuban Parahu Tidak Memicu Pergerakan Patahan Cimandiri

Peneliti Bumi Madya PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Supartoyo (Antara)

JABARNEWS | CINAJUR - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, menilai erupsi Gunung Tangkuban Parahu tidak akan memicu bergeraknya patahan Cimandiri dan Sesar Lembang.

Sehingga PVMBG mengimbau warga tidak perlu khawatir adanya gempa akibat pergerakan patahan atau sesar tersebut. Meskipun patahan Cimandiri melintang di sejumlah wilayah di Jabar mulai dari Sukabumi hingga Bandung Barat dan juga melintas di Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:

Senin Pagi, Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,2 Kilometer

Tim BPBD Diterjunkan ke Lokasi Gunung Tangkuban Parahu yang Erupsi



"Patahan tersebut berpotensi mengakibatkan gempa bumi dengan kekuatan hingga 8 Modified Mercalli Intensity," kata Peneliti Bumi Madya PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Supartoyo saat dihubungi Minggu (28/7/2019).

Ia menjelaskan, perlu pemahaman warga jika erupsi gunung berapi tidak memicu patahan Cimandiri ataupun Sasar Lembang karena biasanya pergerakan lempengan atau patahan yang memicu terjadinya erupsi gunung berapi.

"Bukan erupsi yang memicu pergerakan lempengan tapi sebaliknya, itupun harus dengan kekuatan gempa yang berskala besar. Namun gempa dengan skala besar belum tentu mengakibatkan erupsi gunung berapi," katanya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Erupsi Gunung Tangkuban Parahu PVMBG Patahan Cimandiri Sesar Lembang

berita terkait

Pasca Erupsi, Posko Bencana Disiagakan di Tangkuban Perahu

PVMBG: Tangkuban Perahu Masih Berpotensi Erupsi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi