Oktober, 199 Desa di Kabupaten Bandung Siap Gelar Pilkades Serentak

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 199 desa, yang tersebar di 30 kecamatan di Kabupaten Bandung, siap mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan digelar 26 Oktober 2019 mendatang.

“Pilkades serentak yang diikuti 199 desa dari 30 kecamatan, terkecuali Baleendah akan digelar 26 Oktober 2019,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, Teddy Kusdiana, Kamis (25/7/19).

Sekda mengatakan, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 18,5 miliar untuk Pilkades 2019, dan dia berharap pelaksanaan Pilkades bisa sukses, aman, lancar, tertib dan kondusif.

“Anggaran ini, selain untuk penyelenggaraan Pilkades, juga untuk meminimalisir terjadinya konflik. Jangan ada pungutan apapun yang membebani calon kepala desa. Saya instruksikan kepada para camat agar terus berkomunikasi, berkoordinasi dan konsolidasi dengan jajaran Polsek dan Koramil,” imbuhnya.

Berkaca dari pengalaman saat dirinya menjadi camat, ucap Teddy, poin penting penting dari meredam konflik adalah netralitas para penyelenggara.

“Mau tidak mau, panitia itu warga desa juga, pasti ada interest pada salah satu calon. Jadi, untuk meredam berbagai konflik yang menyebabkan perpecahan warga, ya panitia harus netral, professional dan transparan,” papar Sekda didampingi Asisten pemerintahan Ruli Hadiana.

Sekda berpesan, semua pihak terkait, khususnya para camat agar bersiap menghadapi Pilkades Serentak nanti, yakni dengan menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban wilayah masing-masing serta aktif melakukan kegiatan deteksi dini dan melaporkan setiap informasi yang terjadi.

“Saya sangat mengharapkan kepada seluruh camat bersiap untuk menghadapi agenda Pilkades nanti. Semoga semua yang direncanakan lancar dan sukses, seperti pelaksanaan Pemilu kemarin,” pungkas Sekda. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Gubernur Jabar Sampaikan Tuntutan Massa Aksi ke DPR RI