bjb

Warga Bandung Manfaatkan Ekobrik, Karya Artistik Dari Limbah Plastik

Salah satu pemanfaatan limbah botol plastik dengan ekorbik. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Botol plastik mungkin adalah benda anorganik yang sulit terurai jika sudah menjadi sampah. Oleh karena itu pemanfaatan kembali atau recycle adalah hal yang sangat bijak untuk dilakukan. Banyak sesuatu yang bisa tercipta dari botol plastik bekas. Mulai dari hal-hal yang sepele dan bahkan sampai hal yang sangat bermanfaat.

Hal itu dibuktikan Nana Mulyana (42), warga Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dia melakukan pengolahan sampah plastik dengan ekobrik atau yang lebih dikenal pemanfaatan botol plastik tidak terpakai.

Dari pemanfaat itu ia dapat membuat mulai dari meja sampai dengan kursi sofa. Pundi rupiah pun ia dapatkan dari karya seni itu. "Awalnya belajar aja dari internet," kata Nana saat ditemui di kediamannya, Senin (29/7/2019).

Tak hanya kursi dan meja, dia juga membuat perahu yang miliki ukuran panjang sekitar 4 meter dan lebar 2 meter berbahan botol plastik.

Saat ini, Nana sudah merampungkan dua perahu dari target lima pesanan. Satu perahu dijual Rp3 juta khusus untuk wisata di kolam renang, sungai dangkal atau bendungan kecil. ‎Perahu yang dibuat dari sampah plastik ini bisa ditumpangi dua sampai empat orang.

Baca Juga:

Keren! Siswa SMP Perbaungan Sulap Limbah Plastik Menjadi Karya Seni

Pamerkan Produk Unggulan di PKJB 2019, Depok Keluar Sebagai Juara

Nana menuturkan, mengawali bergumul dengan sampah sejak 2015 lalu. Bersama istri dan anak-anaknya ia berkreasi membuat karya dari sampah-sampah plastik ini. 

Dari botol berisi plastik sisa makanan hingga kresek, ia mampu menciptakan beberapa hasta karya yang miliki nilai rupiah cukup tinggi guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Itulah usaha saya bersama anak-anak (pelajar) dan istri saya ‎berkontribusi mengurangi sampah plastik di sekitar kita," tandasnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Limbah Plastik Botol Plasstik Kerajinan Tangan Sistem Ekorbik Bandung

berita terkait

Pemkab Purwakarta Terus Kampanyekan Pengurangan Sampah Plastik

Mang Oded: Bandung Wacanakan Perda Sampah

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi