Warga Bandung Manfaatkan Ekobrik, Karya Artistik Dari Limbah Plastik

JABARNEWS | BANDUNG – Botol plastik mungkin adalah benda anorganik yang sulit terurai jika sudah menjadi sampah. Oleh karena itu pemanfaatan kembali atau recycle adalah hal yang sangat bijak untuk dilakukan. Banyak sesuatu yang bisa tercipta dari botol plastik bekas. Mulai dari hal-hal yang sepele dan bahkan sampai hal yang sangat bermanfaat.

Hal itu dibuktikan Nana Mulyana (42), warga Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dia melakukan pengolahan sampah plastik dengan ekobrik atau yang lebih dikenal pemanfaatan botol plastik tidak terpakai.

Baca Juga:  Sah! Erick Thohir Jabat Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah

Dari pemanfaat itu ia dapat membuat mulai dari meja sampai dengan kursi sofa. Pundi rupiah pun ia dapatkan dari karya seni itu. “Awalnya belajar aja dari internet,” kata Nana saat ditemui di kediamannya, Senin (29/7/2019).

Tak hanya kursi dan meja, dia juga membuat perahu yang miliki ukuran panjang sekitar 4 meter dan lebar 2 meter berbahan botol plastik.

Baca Juga:  Jihandak Ledakan Bom Yang Dibawa Terduga Teroris

Saat ini, Nana sudah merampungkan dua perahu dari target lima pesanan. Satu perahu dijual Rp3 juta khusus untuk wisata di kolam renang, sungai dangkal atau bendungan kecil. ‎Perahu yang dibuat dari sampah plastik ini bisa ditumpangi dua sampai empat orang.

Nana menuturkan, mengawali bergumul dengan sampah sejak 2015 lalu. Bersama istri dan anak-anaknya ia berkreasi membuat karya dari sampah-sampah plastik ini.

Baca Juga:  Aska Bocah Majalengka, Temanan Sama Sanca

Dari botol berisi plastik sisa makanan hingga kresek, ia mampu menciptakan beberapa hasta karya yang miliki nilai rupiah cukup tinggi guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Itulah usaha saya bersama anak-anak (pelajar) dan istri saya ‎berkontribusi mengurangi sampah plastik di sekitar kita,” tandasnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat