Bupati Bandung: Human Trafficking, Waspadai Tawaran Kerja Tak Jelas

JABARNEWS | BANDUNG – Sebuah fakta mencengangkan terjadi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dimana kasus perdagangan manusia atau human trafficking dialami 10 orang warga Kabupaten Bandung di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

Kebanyakan dari korbannya selalu tergiur dengan tawaran kerja dengan gaji tinggi, namun pada akhirnya, di antaranya hanya dipekerjakan sebagai wanita penghibur.

Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser mengatakan, terkait korban trafficking di Kabupaten Situbondo memang tidak terelakan. Dengan jumlah penduduk Kabupaten Bandung yang mencapai 3,7 juta jiwa, bukan tidak mungkin masih ada di antaranya yang mudah tergoda dengan modus tawaran-tawaran kerja berpenghasilan tinggi.

Baca Juga:  Mulai Tahun Depan, Marak Di Sungai Citanduy Tinggal Kenangan

“Kondisi masyarakat yang hedonisme, ingin cepat kaya, ditawari kerja ternyata ditipu. Kasus ini selalu ada setiap tahun,” ujar Dadang saat ditemui di Gedung Moch. Toha, Soreang, Kab. Bandung, Senin (29/7/2019).

Meski demikian, pihaknya terus berupaya agar kejadian serupa tidak kembali terjadi. Biasanya, para pelaku kasus human trafficking biasanya sudah menandai korbannya terlebih dahulu.

“Kami dari pemerintah daerah terus meminimalisir dengan sosialisasi ke seluruh masyarakat melalui pendidikan. Hati-hati, biasanya gadis cantik dan berpenambilan menarik, tidak memiliki handphone bagus akan ditandai dan dirayu (oleh pelaku),” katanya.

Baca Juga:  Pengunduran Diri Ketua DPC PDIP Majalengka Ditolak

Pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres Situbondo melalui Dinas Sosial Kabupaten Bandung bekerja sama dengan Polres Bandung agar para korbannya bisa ditangani.

“Kami sedang sounding dulu, lagi diurus disananya (Situbondo). Kami punya rumah singgah, nantinya mereka akan ditampung ke rumah singgah,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu mengimbau kepada warga Kabupaten Bandung, terutama para perempuan usia remaja yang mendapat tawaran kerja tidak jelas dari pihak-pihak tertentu, untuk lebih waspada dan tidak mudah tergiur.

Baca Juga:  BMKG: Informasi Hujan Kilat dan Angin Kencang Tiga Harian di Jawa Barat

Sebelumnya diberitakan, Polres Situbondo mengamankan 12 orang gadis belia warga Bandung dari sejumlah wisma eks lokalisasi Gunung Sampan di Desa Kotakan, Kab. Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Dari 12 orang tersebut, 10 di antaranya merupakan warga Kabupaten Bandung dan 2 lagi warga Kota Bandung. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat